Danau Kawah Berusia 50.000 Tahun Berubah Pink dalam Semalam, Ada Apa?

Kompas.com - 15/06/2020, 10:04 WIB
Penampakan Danau Lonar pada tanggal 10 Juni 2020 dan 11 Juni 2020, mengalami perubahan warna menjadi merah muda dalam semalam. (Copernicus Sentinel/ESA via Marco Langbroek/Twitter)Penampakan Danau Lonar pada tanggal 10 Juni 2020 dan 11 Juni 2020, mengalami perubahan warna menjadi merah muda dalam semalam.

KOMPAS.com - Danau Lonar yang berlokasi di Maharashtra, India berubah warna menjadi merah muda atau pink secara tiba-tiba dalam semalam.

Danau Lonar merupakan kawah raksasa yang terbentuk sekitar 50.000 tahun lalu, setelah sebuah meteorit menabrak Bumi.

Danau yang populer bagi pecinta lingkungan ataupun wisatawan ini berjarak 310 mil atau sekitar 498,79 kilometer dari Mumbai.

Melansir Science Alert, Minggu (14/6/2020), para ahli menyatakan perubahan warna pada Danau Lonar pernah terjadi pada tahun 2000. Akan tetapi,  perubahan warna kala itu tidak seekstrem yang terjadi saat ini.

Danau Lonar yang sebelumnya berwarna biru kehijauan kini berubah menjadi merah muda. Hal ini pun menjadi viral di media sosial.

Baca juga: Kisah Pencarian Kadal Paling Langka di Sekitar Kaldera Danau Toba

Para ahli menduga perubahan tersebut disebabkan adanya perubahan kadar salinitas dan keberadaan ganggang tertentu di danau.

Adapun salinitas adalah tingkat keasinan atau kadar garam terlarut dalam air.

"Salinitas di danau telah meningkat karena permukaan air turun secara drastis pada tahun ini, dan suhu menjadi terlalu hangat yang mengakibatkan pertumbuhan gangang yang berlebihan," jelas Ahli Geologi Gajanan Kharat dalam sebuah video di twitter Maharashtra Tourism

"Ganggang ini berubah menjadi kemerahan dalam suhu yang lebih hangat dan karenanya danau berubah menjadi merah muda dalam semalam," tambahnya.

Penampakan Danau Lonar yang berubah warna menjadi merah muda dalam semalam. (IANS/The Weather Channel India/Twitter) Penampakan Danau Lonar yang berubah warna menjadi merah muda dalam semalam.

Saat ini para ahli telah mengumpulkan sampel air dari Danau Lonar untuk mengetahui secara pasti penyebab dari perubahan warna pada danau.

Sampel tersebut telah dikirim ke National Environment Engineering Research Institute (NEERI), lembaga penelitian yang berada dibawah pemerintah India.

Baca juga: Gunung Taal Meletus, Danau ini Nyaris Menghilang Setelah Erupsi

Di sisi lain, penutupan wilayah atau lockdown yang diberlakukan India juga disebut-sebut turut mengambil andil dalam perubahan yang terjadi alam.

Sebab, langit di India pun nampak lebih biru karena tak lagi tercemar polusi kendaraan seperti sebelumnya.

"Aktivitas manusia yang berkurang karena lockdown juga bisa mempercepat perubahan. Tapi kami hanya akan tahu penyebab pasti begitu analisis ilmiah kami selesai dalam beberapa hari," kata Kepala Departemen Geografi di Universitas Babasaheb Ambedkar, Maharashtra.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X