Orangtua, Kenali Tanda Dehidrasi Anak dari Kebiasaan Buang Air Kecil

Kompas.com - 15/06/2020, 07:03 WIB
Ilustrasi anak minum air SHUTTERSTOCK/A3PFAMILYIlustrasi anak minum air

KOMPAS.com - Orangtua perlu memperhatikan kecukupan cairan pada tubuh bayi atau anak-anak. Pasalnya, jika kekurangan air, anak berpotensi mengalami dehidrasi.

Ada tanda-tanda dehidrasi pada anak yang dapat dikenali orangtua. Salah satunya dari kebiasaan buang air kecil atau produksi urine.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menjelaskan, dehidrasi terdiri atas dehidrasi tingkat ringan-sedang dan dehidrasi berat.

Keduanya memiliki gejala dan tanda yang berbeda sesuai tingkat dehidrasinya.

Baca juga: Perokok Anak Meningkat, Pemerintah Perlu Perketat Pengendalian Rokok

"Paling mudah mengetahui kecurigaan dehidrasi pada anak itu dari urinya," katanya dalam diskusi online, Johnson's Baby: Bahaya Dehidrasi Pada si Kecil dan Penanganannya, Jumat (12/6/2020).

Tandanya dapat diketahui dengan memperhatikan kapan terakhir kali anak buang air kecil atau pipis. Jika jarak waktu antar buang air kecil cukup jauh, kemungkinan anak mengalami dehidrasi.

"Kalau sekarang sore dan ternyata pipis terakhir sudah pagi tadi, hati-hati kemungkinan besar dia dehidrasi," kata Ariani.

Selain itu perlu diperhatikan juga kuantitas dari urine yang dihasilkan saat buang air kecil, banyak atau tidak. Jika sedikit, bisa menjadi tanda mengalami dehidrasi.

Menurutnya, tanda ini terjadi pada anak yang mengalami dehidrasi sedang. Sedangkan pada dehidrasi berat, anak bahkan bisa tidak buang air kecil.

Ariani juga berkata, hal lain yang perlu diperhatikan adalah warna pada urine anak, yakni kuning jernih atau kuning pekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X