Ilustrasi Uni Emirat Arab - Burj Khalifa di Dubai. PIXABAYIlustrasi Uni Emirat Arab - Burj Khalifa di Dubai.

Setinggi Apa Gedung Pencakar Langit yang Bisa Dibangun?

13/06/2020, 20:04 WIB
Setinggi apakah gedung pencakar langit yang dapat dibangun? - Sophie, 7 tahun, Perth.

Oleh Philip Oldfield

PERTANYAAN yang bagus! Burj Khalifa di Dubai merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia saat ini. Tinggi gedung ini mencapai 828 meter, dua-setengah kali lebih tinggi dari gedung-gedung pencakar langit yang ada di Australia.

Walaupun demikian, sedang dibangun sebuah gedung pencakar langit di Jeddah, Arab Saudi, yang tingginya lebih dari 1.000 meter setelah selesai dibangun. Gedung yang akan memiliki 167 lantai ini dapat menjadi gedung pertama yang memiliki tinggi lebih dari satu kilometer.

Jadi, seberapa tinggi gedung pencakar langit yang dapat dibangun? Meski sulit untuk dilakukan, namun kita mungkin dapat membangun sebuah menara dengan tinggi lebih dari 2.000 meter, yang akan seperti sepuluh gedung pencakar langit biasa yang ditumpuk di atas satu sama lain!

Hal ini mungkin bukan merupakan ide yang baik. Membangun sebuah gedung pencakar langit yang sangat tinggi tentu memerlukan beton dan baja dalam jumlah banyak.

Penggunaan kedua material tersebut dalam skala yang besar dapat merusak lingkungan. Biasanya, akan lebih baik bagi lingkungan apabila gedung-gedung pencakar langit yang dibangun berukuran lebih kecil atau sekitar 300 meter.

Ada banyak tantangan yang dihadapi ketika merencanakan dan membangun sebuah gedung pencakar langit yang sangat tinggi.

Menghentikan angin

Kesulitan terbesar adalah angin. Angin berhembus melawan gedung dan mencoba untuk mendorongnya, sehingga perlu dirancang sebuah struktur yang dapat membuat gedung tetap stabil. Angin juga dapat membuat sebuah menara goyah, sehingga mereka yang berada di puncak menara dapat merasa seperti mabuk laut.

Para arsitek dan insinyur memiliki berbagai teknologi untuk menghentikan hal ini. Beberapa gedung pencakar langit tertinggi di dunia memiliki pendulum raksasa di bagian atas, dalam gedung, yang disebut sebagai “tuned mass damper”.

Ini adalah mass damper di dalam sebuah gedung yang sangat tinggi di Taiwan yang dipanggil Taipei 101 building.WIKIPEDIA/Armand du Plessis Ini adalah mass damper di dalam sebuah gedung yang sangat tinggi di Taiwan yang dipanggil Taipei 101 building.

Bayangkan sebuah bola baja seukuran satu rumah yang digantung dengan tali dalam sebuah gedung pencakar langit. Ketika angin berhembus, pendulum berayun bolak-balik, menyerap energi yang ada pada angin, guna menghentikan gedung dari kegoyahan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X