Ilmuwan Ungkap Buaya Purba Berjalan dengan Dua Kaki, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 13/06/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi buaya purba yang berjalan dengan dua kaki. SCIENCE ALERT/Anthony Romilio/The University of QueenslandIlustrasi buaya purba yang berjalan dengan dua kaki.


KOMPAS.com - Buaya selama ini dikenal sebagai reptil berkaki pendek, kulit bersisik, dan berjalan menggunakan empat kaki dengan menempelkan perutnya ke tanah.

Tapi penelitian terbaru menunjukkan hal yang berbeda, hewan reptil tersebut mungkin pernah berjalan dengan dua kaki saja pada zaman purba.

Melansir Science Alert, Jumat (12/6/2020), para ilmuwan menemukan hampir seratus jejak fosil yang terawetkan dengan baik di situs penggalian Sacheon Jahye-ri di Korea Selatan. Jejak ini berukuran 18-24 sentimeter.

Pada awalnya, para peneliti mengira jejak kaki itu berasal dari Pterosaurus, reptil kuno bersayap.

Baca juga: Dinosaurus Punah, Hanya Buaya yang Bertahan, Apa Rahasianya?

Namun saat investigasi lebih lanjut lekukan fosil mulai terlihat aneh yakni ada kesan jelas mengenai sisik.

Jejak fosil menunjukkan hewan ini bergerak dengan dua kakinya sama seperti yang dilakukan dinosaurus.

Tapi jejak ini bukanlah milik dinosaurus sebab ada kesan tumit yang jelas hingga ujung kaki. Jika disandingkan dengan buaya masa kini juga tidak cocok.

Ilustrasi buaya muara (Crocodylus porosus) Ilustrasi buaya muara (Crocodylus porosus)

Baca juga: Terancam Punah, 100 Buaya Gharial yang Unik Lahir di Nepal

"Dinosaurus dan burung purba berjalan dengan jari kaki mereka, sementara buaya berjalan di atas telapak kaki mereka meninggalkan jejak tumit yang jelas, seperti manusia," jelas Kyung Soo Kim dari Chinju National University of Education di Korea Selatan.

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports tersebut, jejak dari reptil ini dianggap milik spesies baru Crocodylomorph, yang merupakan nenek moyang dari reptil yang dikenal masa kini sebagai buaya dan aligator.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X