Kompas.com - 12/06/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi duduk sakit pinggang spukkatoIlustrasi duduk sakit pinggang

KOMPAS.com - Terlalu lama duduk di kursi dan berhadapan dengan komputer atau laptop membuat nyeri dan mengubah postur tubuh bagian belakang.

Manual terapis dari klinik fisioterapi, Heru Purwanto Ftr mengungkapkan bahwa posisi duduk yang terlalu lama dapat memberikan efek pada tulang pinggang.

Duduk terlalu lama di depan komputer, menurutnya, juga sama halnya dengan keseringan memakai tas di salah satu sisi. Kegiatan tersebut akan membuat tulang belakang menjadi bengkok.

"Tulang belakang bengkok itu nantinya akan menyebabkan nyeri yang mengganggu," kata Heru.

Baca juga: Benarkah Nyeri Pinggang Tanda Sakit Ginjal? Ini Penjelasan Ahli

Jika kondisi ini dibiarkan, Anda akan merasakan rasa nyeri yang semakin menyebar ke bagian tubuh lainnya dan membutuhkan terapi yang cukup lama nantinya.

Hal itu bisa terjadi karena ketika duduk maka maka beban tubuh itu justru lebih berat daripada posisi berdiri. Umumnya orang yang duduk lama di depan komputer cenderung akan membungkuk, dan ini menjadikan postur tulang belakang tidak sesuai.

Untuk diketahui, postur tubuh yang baik adalah ketika bahu atau pundak dan telinga Anda berada dalam satu garis lurus.

Tips menghindari nyeri pinggang akibat duduk lama

Jika Anda harus duduk dalam jangka waktu lama dalam melakukan pekerjaan, Heru merekomendasikan beberapa tindakan berikut untuk mencegah nyeri pinggang:

1. Berdiri

Setelah duduk dalam waktu yang lama yaitu sekitar dua jam, sebaiknya Anda berdiri setidaknya 10 sampai 15 menit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X