Gen Kurus Ditemukan, Potensi Terapi Baru Atasi Obesitas di Masa Depan

Kompas.com - 07/06/2020, 13:01 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Pernahkan Anda mencermati, ada beberapa orang di luar sana tetap langsing meski mereka makan dengan porsi yang cukup banyak. Sementara lainnya, memerlukan usaha ektra untuk menjaga apa saja yang mereka konsumsi supaya berat badan tak bertambah.

Ternyata, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Cell, hal tersebut ada hubungannya dengan gen tertentu yang mampu menjaga kenaikan berat badan dan membuat badan beberapa orang tetap kurus.

Kini, ilmuwan berhasil mengidentifikasi gen tersebut setelah melakukan serangkain penelitian.

Baca juga: Sains Diet: Jika Ingin Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Sarapan Tidak?

"Ada sekitar satu persen orang-orang seperti ini dalam populasi. Mereka bisa makan banyak, tanpa olah raga namun berat badan tak bertambah," kata Josef Penninger, peneliti dari University of British Colombia seperti dikutip dari CNN, Sabtu (6/6/2020).

Penelitian dilakukan dengan melihat data dari Biobank Estonia yang mencakup 47102 orang berusia 20 hingga 44 tahun.

Tim kemudian membandingkan sampel DNA dengan data klinis individu kurus yang sehat dan individu dengan berat badan normal.

Hasilnya, peneliti menemukan varian genetik yang unik pada individu kurus yang dikenal sebagai gen ALK.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Sebelumnya, ilmuwan telah mengetahui bahwa gen ALK sering bermutasi pada berbagai jenis kanker dan mendapatkan reputasi sebagai gen yang mendorong perkembangan tumor.

Namun temuan baru ini menunjukkan bahwa gen ALK berperan sebagai gen kurus yang dapat berfungsi mencegah penambahan berat badan.