Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketiak Hitam Bisa Diputihkan Lagi, Begini Saran Dokter Kulit...

Kompas.com - 05/06/2020, 20:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beragam faktor penyebab menjadikan seseorang memiliki kulit ketiak yang cenderung berwarna gelap, atau bahkan hitam.

Beberapa faktor penyebab itu antara lain iritasi akibat mencukur bulu ketiak, penggunaan sabun antiseptik, jamur kulit, faktor hormonal kehamilan, penyakit achantosis nigricans, dan alergi atau iritasi akibat pemakaian deodoran.

Bisakah kulit yang sudah terlanjur berwarna gelap diputihkan kembali, dan bagaimana caranya?

Baca juga: 6 Penyebab Kulit Ketiak Menjadi Hitam

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr Edwin Tanihaha SpKK MHKes FKCCS menegaskan bahwa kulit ketiak yang sudah gelap masih bisa untuk diputihkan kembali.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kulit ketiak Anda kembali cerah.

Edwin menyebutkan hal utama yang penting Anda lakukan adalah mencari tahu penyebab utama kulit gelap yang terjadi pada ketiak Anda.

1. Iritasi atau alergi kulit

Jika penyebab kulit ketiak Anda semakin gelap adalah iritasi atau alergi. Maka, yang harus dilakukan yaitu mengobati dahulu iritasi atau alergi yang terjadi sampai sembuh.

"Lalu kita bisa pudarkan bercak gelapnya dengan zat pencerah," kata Edwin kepada Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Iritasi atau alergi pada kulit ketiak ini bisa terjadi karena banyak hal terutama gesekan pada saat mencukur bulu ketiak, penggunaan antiseptik ,dan deodoran.

2. Hormonal kehamilan

Pada masa kehamilan, pada individu tertentu faktor hormonal dapat menyebabkan sebagian area tubuh cenderung menjadi terus gelap, termasuk bagian kulit ketiak.

Ilustrasi hamilShutterstock Ilustrasi hamil

Jika Anda mengalami kulit ketiak gelap atau menghitam pada saat hamil, setelah kelahiran dan menyusui bisa dilakukan terapi pada bercak coklat atau area kulit yang menggelap tersebut.

3. Jamur kulit

Sama halnya dengan iritasi, Edwin mengatakan hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengobati jamur kulit itu dahulu sampai sembuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com