Misteri Tubuh Manusia: Hidung Perempuan Lebih Sensitif Dibanding Pria

Kompas.com - 05/06/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi mencium bau SHUTTERSTOCK/Khamidulin SergeyIlustrasi mencium bau

KOMPAS.com - Salah satu gejala terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 adalah sulit mencium bau.

Berkaitan dengan indera penciuman kita, tahukah Anda, hidung perempuan lebih sensitif mengidentifikasi aroma dan bau dibanding pria?

Hal ini terbukti berdasar sejumlah tes bau yang dilakukan pada 2014.

Dilansir Science Daily (5/11/2014), perbedaan sensitivitas indera penciuman pada pria dan perempuan mungkin memainkan peran dalam perilaku sosial yang berbeda dan dapat dihubungkan dengan persepsi seseorang tentang penciuman. Hal ini secara alami terkait dengan pengalaman dan emosi yang terkait.

Baca juga: Ahli Temukan Peradangan di Otak Pasien Corona Covid-19, Kok Bisa?

Dengan kata lain, keunggulan perempuan dalam mencium bau berkaitan dengan pengalaman emosional, dibanding persepsi.

Studi sebelumnya yang menyelidiki akar biologis dari sensitivitas penciuman pada perempuan, menggunakan metode pencitraan yang memungkinkan ukuran kasar struktur otak.

Hasil penelitian itu menjadi kontroversi dan meninggalkan pertanyaan yang belum terjawab, apakah perbedaan sensitivitas penciuman memiliki akar biologis atau hanya merupakan hasil dari perbedaan sosial dan kognitif antara perempuan dan laki-laki.

Kemudian, sekelompok peneliti dari Institute of Biomedical Sciences di Universitas Federal Rio de Janeiro dan Institut Nasional Neuroscience Translasional, Kementerian Sains dan Teknologi di Brasil melakukan pengujian Fractator isotropik.

Fractator isotropik merupakan teknik cepat dan andal yang mengukur jumlah absolut sel dalam struktur otak tertentu seperti bohlam penciuman, yakni area otak yang menerima informasi bau yang ditangkap lubang hidung.

Dengan menggunakan teknik ini, tim yang dipimpin oleh Prof. Roberto Lent akhirnya menemukan bukti biologis di antar otak perempuan dan laki-laki yang mungkin menjelaskan perbedaan sensitivitas penciuman.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X