Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2020, 18:32 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Inverse


KOMPAS.com- Badan antariksa NASA saat ini tengah mencari kandidat peserta yang bisa hidup terisolasi selama 8 bulan di Moskow, Rusia.

Nantinya sekelompok orang yang terpilih ini akan membantu penelitian NASA untuk memahami efek psikologis dan fisiologis dari isolasi.

Melansir Inverse, Rabu (20/5/2020) penelitian ini memang dibuat NASA sebagai bagian dari persiapan misi jangka panjang ke Bulan serta Mars.

Sebab para astronot nantinya dapat menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan terisolasi dalam pesawat ruang angkasa saat melakukan perjalanan tersebut.

Baca juga: NASA: Fenomena Solar Minimum Matahari, Mungkin Berbahaya bagi Astronot

"Isolasi sosial merupakan bidang yang sangat penting untuk kami teliti. Ini terkait dengan tingkat stres yang lebih tinggi dan mempengaruhi fisiologis dan psikologis seseorang," ungkap Thomas Williams, ilmuwan dari Human Factors and Behavioral Performance Element.

Penelitian semacam ini pun sangat membantu NASA lebih memahami efek isolasi dan cara-cara untuk mengatasinya selama astronot berada dalam wahana antariksa.

Tiga orang astronot Apollo 12,  Bean, Gordon, dan Conrad terlihat melalui lensa mata-ikan di dalam Command Module simulator.NASA Tiga orang astronot Apollo 12, Bean, Gordon, dan Conrad terlihat melalui lensa mata-ikan di dalam Command Module simulator.

Baca juga: NASA: Wahana Antarika Mars Deteksi Kehidupan Kuno di Australia, Kok Bisa?

Dalam penelitian tersebut, peserta akan tinggal di lingkungan yang dibuat semirip mungkin dengan wahana antariksa dan akan di minta untuk melakukan simulasi misi luar angkasa selama tinggal di fasilitas NASA.

Peserta penelitian juga akan diminta untuk melakukan penelitian ilmiah menggunakan teknologi virtual reality serta mengoperasikan berbagai robot.

Penelitian ini sebenarnya merupakan studi lanjutan yang dilakukan tahun lalu. Saat itu ada enam orang yang terpilih untuk menghabiskan waktu selama empat bulan di wahana antariksa tiruan.

Halaman:
Sumber Inverse
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com