Kompas.com - 26/05/2020, 13:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Tabrakan dahsyat antara dua galaksi telah memunculkan galaksi cincin yang sangat langka, berjarak sekitar 11 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi yang mengerikan, berbentuk donat, membuat bintang-bintang di cincin besarnya dengan kecepatan 50 kali lebih cepat dari galaksi rumah kita. Galaksi menyerupai cincin api ini dinamai R5519.

Para astronom mengklasifikasikan galaksi ini sebagai galaksi jenis cincin yang langka. Baik dari bentuk maupun proses pembentukannya.

"Ini adalah objek yang sangat aneh dan belum pernah kita lihat sebelumnya," kata astronom Tiantian Yuan dari ARC Centre of Excellence for All Sky Astrophysics in 3 Dimensions (ASTRO 3D), Australia.

"Ini terlihat aneh dan familiar pada saat bersamaan," imbuhnya seperti dilansir Science Alert, Senin (25/5/2020).

Baca juga: Galaksi ini Bisa Picu Tsunami yang Hancurkan Pembentukan Bintang

Tepi luar cincin R5519 cukup besar, sekitar 42.400 tahun cahaya (rata-rata).

Lubang yang ada di bagian tengah berukuran sekitar 17.612 tahun cahaya, tanpa jejak tonjolan penuh bintang yang terdeteksi yang biasanya mengisi pusat galaksi.

Selain itu, astronom menemukan petunjuk yang mengisyaratkan masa lalu yang penuh kekerasan.

Beberapa galaksi cincin tampaknya memiliki formasi yang relatif tenang, dihasilkan oleh proses seperti resonansi orbital atau pertambahan material dari galaksi terdekat lainnya. Namun, hal itu tidak terjadi pada R5519.

Selain itu, R5519 menunjukkan tingkat tinggi pembentukan bintang di cincinnya - sekitar 80 bintang massa matahari yang baru lahir setiap tahun.

Ini menunjukkan adanya gangguan gravitasi - oleh, katakanlah, galaksi lain yang menembus R5519, mengirimkan gelombang kepadatan yang merambat secara radial ke arah luar.

Ketika gelombang-gelombang ini mendorong dan memadatkan gas dan debu di galaksi, ia memicu pembentukan bintang dengan memfasilitasi keruntuhan gravitasi rumpun debu yang berubah menjadi bintang-bintang bayi.

Di alam semesta lokal, galaksi cincin dari jenis ini sangat langka - 1.000 kali lebih jarang daripada galaksi cincin yang dibentuk oleh proses yang kurang keras.

Penemuan R5519 menunjukkan bahwa galaksi cincin tumbukan jarang terjadi di awal Semesta.

R5519 juga memberi kesempatan bagi para ilmuwan untuk mempelajari pembentukan galaksi-galaksi cakram seperti Bima Sakti - karena untuk membentuk cincin, simulasi menunjukkan bahwa galaksi perlu cakram tipis sebelum ditinju.