Studi Soal Kekebalan Tubuh Beri Harapan dalam Perawatan Pasien Corona

Kompas.com - 24/05/2020, 11:04 WIB
Ilustrasi pria lebih rentan terinfeksi virus corona penyebab Covid-19. Ilustrasi pria lebih rentan terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

KOMPAS.com - Ilmuwan Inggris akan mulai menguji suatu pengobatan yang diharapkan dapat melawan efek Covid-19 pada pasien dengan kondisi paling parah.

Tim peneliti dari Francis Crick Institute, King's College London dan Guy's and St. Thomas Hospital mengkaji sel-sel kekebalan tubuh pada 60 pasien Covid-19.

Mereka menemukan, pasien Covid-19 dengan kondisi paling parah memiliki jumlah sel kekebalan tertentu yang sangat rendah. Sel kekebalan itu bernama sel-T, yang berfungsi membersihkan infeksi dari tubuh.

Profesor Adrian Hayday dari Crick Institute mengatakan, riset yang dilakukan bertujuan untuk mengamati lebih jauh apa yang terjadi dengan sel-sel kekebalan pada penderita Covid-19.

Baca juga: Sedang Corona, Kenapa Warga Berkerumun di Pasar dan Mall? Ini Kata Ahli

"Sel-T berusaha melindungi tubuh dari infeksi. Tapi virus (corona SARS-CoV-2) tampaknya melakukan sesuatu yang membuat jumlah sel-T berkurang drastis," kata Adrian Hayday dilansir BBC, Jumat (22/5/2020).

Saat diteliti, pasien Covid-19 hanya memiliki 200-1.200 sel-T dalam satu mikroliter (0,001 ml) tetes darah.

Padahal, orang dewasa yang sehat punya sekitar 2.000-4.000 sel-T dalam satu mikroliter tetes darah.

Dari temuan ini, para peneliti akan melakukan uji klinis atau uji coba ke manusia untuk mengevaluasi kinerja obat interleukin 7 apakah dapat membantu pemulihan pasien. Obat interleukin 7 dikenal dapat meningkatkan jumlah sel-T.

Harapan baru

Para peneliti mengatakan, temuan ini membuka jalan untuk mengembangkan "tes sidik jari" guna memeriksa kadar sel-T dalam darah yang dapat memberikan indikasi awal, siapa yang berisiko mengembangkan penyakit COvid-19 menjadi lebih parah.

Selain itu, hal ini juga memungkinkan pengobatan khusus untuk meningkatkan sel kekebalan, terutama sel-T.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X