Simak Beberapa Tips Hilangkan Cegukan

Kompas.com - 23/05/2020, 03:45 WIB
Ilustrasi cegukan Ilustrasi cegukan

KOMPAS.com - Cegukan menjadi hal yang umum terjadi pada manusia, muncul secara tiba-tiba, dan dapat menghilang dengan cepat. Meski demikian kemunculan bunyi 'hik' ini tetap membuat tidak nyaman.

Secara medis, cegukan dikenal sebagai Sinkron Diafragma Flutter (SDF) atau singultus. Cegukan terjadi ketika diagframa, otot yang memisahkan perut dan dada, tiba-tiba berkontraksi secara tidak sengaja.

Diafragma ini berperan penting dalam sistem pernapasan manusia. Saat menarik napas, otot diafragma akan kontraksi dan akan relaksasi saat menghembuskan nafas.

Nah, dalam cegukan diafragma berkontraksi secara tiba-tiba, menyebabkan udara terlalu cepat masuk ke paru-paru, alhasil katup saluran pernapasan tertutup dan menimbulkan suara 'hik'.

Saking umumnya cegukan terjadi pada manusia, kini banyak metode menyembuhkan cegukan yang tersebar di kalangan masyarakat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Katanya Cegukan Bisa Sebabkan Kematian?

Tapi ada beberapa metode yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, serta National Health Service (NHS) Inggris, seperti yang dilansir Medical News Today, Jumat (21/5/2020).

1. Tarik napas dan tahan napas selama sekitar 10 detik, lalu hembuskan perlahan. Ulangi selama tiga atau empat kali. Kemudian ulangi kembali selang 20 menit kemudian.

2. Ambil napas dengan menutup bagian mulut dan hidung ke dalam kantong kertas atau paper bag.

3. Letakkan lutut menempel ke dada, dan tahan selama dua menit.

4. Berkumur dengan air es.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X