Pengembangan Vaksin Covid-19 di Dunia Berbeda Kategorinya, Apa Saja?

Kompas.com - 21/05/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, vaksin menjadi hal yang dinantikan oleh masyarakat seluruh dunia.

Banyak peneliti dan perusahaan yang berusaha membuat dan mengembangkan vaksin untuk Covid-19. Hingga saat ini, Millen Institute mencatat ada sekitar 133 vaksin yang umumnya berada di fase 1 dan 2 pengembangan vaksin.

Pakar sains dari AIM Biologicals Groups, Dr Fadhil Ahsan menyebutkan dari total 133 calon vaksin hanya ada delapan perusahaan bioteknologi utama yang melewati fase 1 dan 2, serta dianggap paling memungkinkan perkembangannya sebagai vaksin untuk Covid-19.

Baca juga: Sembari Menunggu Vaksin, Ini 6 Rekomendasi LIPI Beradaptasi dalam Pandemi Covid-19

Namun, Fadhil juga mengingatkan bahwa setiap perusahaan bioteknologi menggunakan jalur atau kategori masing-masing dalam membuat vaksin.

Berikut delapan perusahaan bioteknologi terdepan yang sudah melewati fasi 1 dan 2, disertai kategori atau jalur pengembangan vaksinnya.

1. Inactivated virus

Fadhil menyebutkan bahwa vaksin kategori ini merupakan yang paling konvensional dan metodenya sudah lama. Sangat umum, saintis untuk membuat vaksin cepat dengan cara melakukan inaktivasi atau mematikan virus tersebut.

"Virus itu dimatikan, bisa dengan formalin atau betaprobiolakton," kata Fadhil dalam diskusi daring bertajuk "Riset dalam Menemukan Vaksin dan Obat Anti Covid-19", Jumat (15/5/2020).

Hasil yang sudah dipublikasikan di jurnal sains terkait vaksin kategori ini untuk Covid-19 adalah SinoVac.

Baca juga: Vaksin Corona Bisa Dibuat Lebih Cepat dari Normal, Kok Bisa?

SinoVac ini menginduksi sistem imun atau kekebalan tubuh yang seimbang, seperti limfosit T dan limfosit B. Selain antibodi yang menetralisir virus spesifik terhadap spike, vaksin ini disebut mempunyai sistem memori limfosit B yang baik.

SinoVac menjadi salah satu yang terdepan untuk jalur atau kategori vaksin inaktivasi virus.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X