Fenomena Salju Hijau ini Menghijaukan Antartika, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 21/05/2020, 13:02 WIB
Benua Antartika ShutterstockBenua Antartika


KOMPAS.com - Peneliti melaporkan sebagian wilayah di Antartika diperkirakan akan menghijau, tetapi bukan disebabkan oleh tumbuhnya rerumputan.

Salju hijau yang disebabkan oleh mekarnya spesies ganggang, akan membuat sebagian wilayah di semenanjung Antartika menghijau.

Melansir Science Alert, Kamis (21/5/2020), fenomena salju hijau ini terjadi akibat meningkatnya suhu global sebagai dampak perubahan iklim.

Para peneliti dari University of Cambridge dan British Antarctic Survey telah menggabungkan citra satelit dengan pengamatan di lapangan untuk mendeteksi tingkat perkembangan ganggang hijau di benua ini.

Baca juga: Unik, Penguin Antartika Keluarkan Gas Tawa Peneliti Dibikin Mabuk

Mereka mengidentifikasi lebih dari 1.600 ganggang hijau yang terpisah di salju melintasi semenanjung, dengan luasan permukaan hingga 1,9 kilometer persegi.

"Meskipun jumlahnya relatif kecil pada skala global, namun di Antartika umumnya jumlah tanaman sangat sedikit, jumlah biomassa (ganggang hijau) itu sangat signifikan," kata Matt Davey dari Departemen Ilmu Tanaman Cambridge kepada AFP.

Ilustrasi penguin, dataran Antartika menghijau. Akibat perubahan iklim benua ini berpotensi diselimuti salju hijau. Ilustrasi penguin, dataran Antartika menghijau. Akibat perubahan iklim benua ini berpotensi diselimuti salju hijau.

Baca juga: Pemetaan Zona Rentan di Antartika, Peneliti Dibantu Penguin

Davey menambahkan banyak orang mengira permukaan Antartika sepenuhnya diselimuti salju dan penguin.

"Faktanya, jika dilihat di area pinggiran, ada banyak kehidupan tanaman," jelas dia.

Lebih banyak karbon yang terserap

Tim menghitung ganggang di semenanjung benua ini telah menyerap kadar karbon dioksida (CO2) setara dengan 875.000 perjalanan mobil.

Selain itu, ditemukan sebagian besar ganggang mekar berada dalam jarak lima kilometer dari koloni penguin, karena kotoran burung ini menjadi pupuk yang sangat baik bagi tumbuhan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X