Buckyballs, Si Bola Aneh Ditemukan di Fosil Berusia 80 Juta Tahun

Kompas.com - 20/05/2020, 18:28 WIB
J. Hoyal CuthillRekonstruksi hewan laut Cretaceous Marsupites testudinarius. Pada fosil hewan ini ditemukan si bola aneh, buckyballs.

KOMPAS.com - Buckyballs, bentuk bola aneh yang biasanya hanya ditemukan di alam alam skala molekuler, kini ditemukan ada di fosil hewan laut yang hidup 80 juta tahun lalu.

Bentuk mikroskopis buckyballs biasanya ditemukan dalam molekul di dalam debu kosmik, dalam gas, dan beberapa jenis batuan.

Namun para peneliti terkejut saat menemukan mereka pada skala yang jauh lebih besar, yakni di dalam fosil dua spesies Cretaceous crinoids yang merupakan kerabat dari bintang laut modern dan bulu babi.

Pelat pada tubuh C. crinoids memiliki struktur berongga yang diidentifikasi para ilmuwan sebagai buckyballs.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Paleontology edisi Mei, peneliti menuliskan ini adalah bukti pertama yang menunjukkan bahwa buckyballs secara alami berada di skala besar.