Buckyballs, Si Bola Aneh Ditemukan di Fosil Berusia 80 Juta Tahun

Kompas.com - 20/05/2020, 18:28 WIB
Rekonstruksi hewan laut Cretaceous Marsupites testudinarius. Pada fosil hewan ini ditemukan si bola aneh, buckyballs.
J. Hoyal CuthillRekonstruksi hewan laut Cretaceous Marsupites testudinarius. Pada fosil hewan ini ditemukan si bola aneh, buckyballs.

KOMPAS.com - Buckyballs, bentuk bola aneh yang biasanya hanya ditemukan di alam alam skala molekuler, kini ditemukan ada di fosil hewan laut yang hidup 80 juta tahun lalu.

Bentuk mikroskopis buckyballs biasanya ditemukan dalam molekul di dalam debu kosmik, dalam gas, dan beberapa jenis batuan.

Namun para peneliti terkejut saat menemukan mereka pada skala yang jauh lebih besar, yakni di dalam fosil dua spesies Cretaceous crinoids yang merupakan kerabat dari bintang laut modern dan bulu babi.

Pelat pada tubuh C. crinoids memiliki struktur berongga yang diidentifikasi para ilmuwan sebagai buckyballs.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Paleontology edisi Mei, peneliti menuliskan ini adalah bukti pertama yang menunjukkan bahwa buckyballs secara alami berada di skala besar.

Baca juga: 110 Juta Tahun Lalu, Dinosaurus Ompong yang Aneh Hidup di Australia

Dilansir Live Science, Jumat (15/5/2020), buckyballs merupakan kependekan dari Buckminsterfullerenes.

Buckyballs adalah molekul bulat besar yang terdiri dari 60 atom karbon yang berhubungan dan membentuk 20 heksagon (segienam) dan 12 pentagon (segilima), mirip permukaan bola sepak.

Molekul-molekul aneh ini pertama kali ditemukan di luar angkasa pada 2010.

Namanya terinspirasi dari seorang arsitek bernama Buckminster Fuller yang mempopulerkan struktur serupa pada 1940-an yang disebut kubah geodesik.

Di ruang angkasa, buckyballs ada di dalam gas dan partikel.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X