Tingkatkan Kapasitas, Laboratorium BPOM Lakukan Uji Spesimen Covid-19

Kompas.com - 20/05/2020, 16:34 WIB
Seorang petugas Balai Pengawas dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo menjelaskan fungsi alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang akan digunakan untuk menguji spesimen virus Covid-19 , KOMPAS.COM/HARIS HUMAS PEMPROV GTOSeorang petugas Balai Pengawas dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo menjelaskan fungsi alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang akan digunakan untuk menguji spesimen virus Covid-19 ,


KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) resmi meningkatkan kapasitas laboratorium Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) sesuai standar Biosafety Level-2 (BSL-2). Ini untuk mendorong percepatan pengujian spesimen Covid-19 di Indonesia.

BSL-2 merupakan standar bagi laboratorium yang kegiatan pengujiannya berhubungan dengan organisme penyebab penyakit pada manusia dengan tingkat bahaya sedang (moderate).

Standar BSL-2 mensyaratkan protokol pengujian yang dapat mencegah kontaminasi virus di lingkungan sekitar, serta memberikan perlindungan maksimum bagi petugas laboratorium.

Kepala BPOM Penny K. Lukito menjelaskan, saat ini PPPOMN telah memiliki laboratorium Biologi Molekuler yang telah dimanfaatkan untuk pengujian spesimen Covid-19 dengan kapasitas 300 sampel per hari.

Baca juga: Atasi Covid-19, BPOM Sediakan Lab dan RT-PCR untuk Pengujian Spesimen

Sejak 4 Mei 2020 laboratorium ini sudah aktif melakukan pengujian spesimen yang diterima dari Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran juga Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes).

Hingga 19 Mei 2020, laboratorium PPPOMN telah melakukan pengujian terhadap 1.065 sampel Covid-19.

Ilustrasi tes virus di laboratorium. Ilustrasi tes virus di laboratorium.

"Dengan diresmikannya lab ini, semua langkah-langkah kita saat menghadapi krisis ini dapat ridho Yang Maha Esa dan bisa segera keluar dari kondisi ini," ujar Penny dalam Peresmian Laboratorium PPPOMN, Rabu (20/5/2020).

Baca juga: BPOM Lakukan Pengawasan Pangan Serentak di Indonesia, Begini Hasilnya...

Tak hanya itu, empat laboratorium Badan POM yang berlokasi di Balai Besar/Balai POM Gorontalo, Jayapura, Ambon, dan Makassar juga sudah beroperasional mendukung percepatan pengujian spesimen Covid-19.

Kapasitas pengujian spesimen Covid-19 pada laboratorium Balai POM di Gorontalo sebanyak 200 sampel per hari, yang hingga kini sudah menguji 777 sampel.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X