Jaga Kesehatan Astronot di Luar Angkasa, Ilmuwan Teliti Mikrobioma

Kompas.com - 19/05/2020, 19:04 WIB
Ilustrasi astronot di luar angkasa 1971yesIlustrasi astronot di luar angkasa

KOMPAS.com - Eksplorasi luar angkasa menjadi impian manusia. Namun, banyak hal yang perlu untuk dipersiapkan agar misi bisa berjalan lancar.

Salah satunya adalah menjaga kondisi astronot tetap sehat selama perjalanan panjang mereka.

Dalam rangka mempersiapkan kesehatan prima para asronot, sebuah penelitian pun dilakukan. Penelitian tersebut khusus mengamati bagaimana perjalanan luar angkasa mempengaruhi mikrobioma manusia.

Mengapa mikrobioma?

Masing-masing individu memiliki mikrobioma yang hidup di kulit dan tubuh manusia. Nah, mikrobioma ini punya peran penting menjaga kesehatan kita saat berinteraksi dengan lingkungan baru.

Baca juga: Volume Otak Astronot Bertambah Akibat Perjalanan Luar Angkasa, Kok Bisa?

Studi tersebut dilakukan dengan mengamati anggota kru yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa ( ISS) dalam kurun 6 hingga 12 bulan.

Hasil analisis mengungkapkan jika mikrobioma usus para kru tumbuh lebih beragam di lingkungan yang relatif steril dan bebas bakteri.

Ini merupakan kabar baik. Pasalnya, secara umum, semakin beragam atau banyak bakteri usus kita, maka semakin baik peluang kita untuk menangkal penyakit.

"ISS merupakan lingkungan yang bersih dan steril, kami mengira (dengan demikian) keanekaragaman mikroba di usus akan berkurang," kata Hernan Lorenzi, ahli mikrobiologi dari J.Craig Venter Institute.

Baca juga: Temani di Rumah, NASA Bikin Pelatihan Astronot Online untuk Anak

Mikrobioma yang beragam mungkin akibat dari pilihan makanan yang beragam pula. NASA diketahui bekerja keras untuk membuat lebih dari 200 pilihan makanan dan minuman bagi para kru di ISS.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X