Data Covid-19 di Indonesia Tunjukkan Hipertensi Picu Komplikasi Lebih Parah

Kompas.com - 18/05/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi hipertensi ShutterstockIlustrasi hipertensi

KOMPAS.com - Pasien Covid-19 dengan penyakit penyerta seperti hipertensi, jantung, dan diabetes berisiko tinggi meninggal dunia.

Namun American Heart Association (AHA) mencatat, orang yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi berpeluang mengalami komplikasi lebih parah, jika mereka terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Data temuan terhadap pasien Covid-19 di Indonesia menunjukkan, pasien meninggal banyak yang memiliki hipertensi dengan penyakit penyerta lain seperti penyakit jantung, ginjal, diabetes hingga stroke.

Dokter Spesialis Syaraf, dr Amanda Tiksnadi SpS (K) menyebutkan berdasarkan laporan-laporan yang ada, sekitar 35 persen pasien Covid-19 merupakan pengidap hipertensi, diabetes, maupun penyakit kardiovaskular lainnya.

Baca juga: Bagaimana Perkembangan Vaksin Virus Corona?

Amanda berkata, pengidap penyakit-penyakit tersebut memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi dan menunjukkan gejala yang lebih berat bila terinfeksi Covid-19.

Sementara itu, infeksi Covid-19 pada pasien dengan hipertensi dikatakan Amanda juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada jantung, otak dan ginjal.

Akibat dari komplikasi ini antara lain adalah serangan jantung, stroke, gagal ginjal akut.

Selain itu, umum juga terjadi sindrom pengentalan dan penyumbatan pembuluh darah, infeksi bakteri dan atau jamur lain, kerusakan otot dan saraf tepi serta proses autoimun yang tentunya memperburuk prognosis.

“Oleh karena itu, dapat dipahami seorang penderita hipertensi yang terinfeksi Covid-19 memiliki faktor risiko berlipat ganda untuk mengalami kerusakan organ multiple," ujar dia.

Ironisnya, kesadaran masyarakat Indonesia akan pencegahan dan pengobatan hipertensi masih rendah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X