Cek Fakta, Klaim Video Plandemic Judy Mikovitz tentang Virus Corona Covid-19

Kompas.com - 15/05/2020, 20:04 WIB
Alissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik. the new york timesAlissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik.

KOMPAS.com - Pekan lalu, video dokumenter berjudul "Plandemic" viral di media sosial, Facebook dan Twitter, sebelum akhirnya diblokir. Video itu menyebarkan teori konspirasi dan informasi yang salah mengenai Covid-19.

Video dengan durasi sekitar 25 menit tersebut menampilkan sebuah wawancara dengan seorang ahli biokimia, Judy Mikovits, seputar virus corona penyebab Covid-19, SARS-CoV-2.

Mikovits diketahui pernah menerbitkan penulisan makalah pada tahun 2009 tentang penyebab sindrom kelelahan kronis, yang pada akhirnya ditarik dari jurnal Science karena kredibilitas hasil penelitiannya diragukan.

Ada beberapa klaim yang salah dan tidak terbukti dalam video "Plandemic", di antaranya masker dapat mengaktifkan virus, serta pantai memiliki kekuatan penyembuhan dan menjadi vaksin untuk melawan Covid-19.

Baca juga: 5 Langkah Mengatasi Gangguan Psikologis Akibat Pandemi Corona

Dalam wawancara tersebut, Mikovits juga menyerang sejumlah tokoh diantaranya Kepala Gugus Tugas Covid-19 Amerika Serikat sekaligus Ketua Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS (NIAID) Dr. Anthony Fauci, yang disebutnya berperan dalam menekan pekerjaan dan karirnya.

Terlepas dari upaya mendiskreditkan Fauci, Mikovits membuat sejumlah pernyataan yang secara langsung dapat meningkatkan risiko orang terinfeksi virus corona penyebab Covid-19, SARS-CoV-2.

Berikut sejumlah fakta terkait klaim yang dsaimpaikan Mikovits dalam video "Plandemic", seperti dilansir dari Live Science (Jumat (15/5/2020):

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X