5 Langkah Mengatasi Gangguan Psikologis Akibat Pandemi Corona

Kompas.com - 15/05/2020, 12:32 WIB
Seorang perempuan menyentuh wajah dengan tangan saat stres fizkesSeorang perempuan menyentuh wajah dengan tangan saat stres

KOMPAS.com - Banyak masyarakat merasa memiliki gangguan psikologis akibat pandemi Covid-19 di seluruh penjuru Bumi, termasuk Indonesia.

Dalam menghadapi pandemi ini, pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan anjuran beraktivitas yang diperbanyak di rumah.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RS Pondok Indah Bintaro, dr Leonardi Goenawan SpKJ mengatakan, setidaknya ada tiga tahapan psikologis yang bisa dialami oleh setiap individu selama pandemi Covid-19 ini.

Antara lain adalah tahap disrupsi (perubahan berbagai pola hidup), tahap kebingungan dan ketidakpastian, hingga akhirnya sampai pada tahap penerimaan atau menerima tanpa syarat terhadap kondisi yang ada berkaitan dengan pandemi ini.

Baca juga: Gangguan Kesehatan Mirip Covid-19 Bisa Jadi Itu Psikosomatik, Kenali Gejalanya

"Namun, tidak semua orang memiliki ketangguhan yang sama untuk mencapai tahap penerimaan. Seseorang yang biasanya mudah tertekan, akan merasakan dampak pandemi ini lebih berat," kata Leonardi kepada Kompas.com, Senin (13/5/2020).

Dikatakan Leonardi, dampak psikologis dari pandemi Covid-19 adalah banyak masyarakat yang merasakan stres berlarut-larut.

Langkah mengatasi

Oleh sebab itu, Leo memberikan beberapa langkah atau cara yang bisa Anda terapkan dalam menghadapi pandemi ini dengan baik hingga benar-benar berakhir.

1. Beristirahatlah

Leo mengingat bahwa terhadap diri Anda sendiri setidaknya perlu memberikan waktu beristirahat dari menonton, membaca, mendengarkan berita, termasuk media sosial.

"Mendengarkan informasi pandemi (tentang Covid-19) berulang kali bisa membuat hanyut dalam kekhawatiran yang berlebihan," ujar dia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X