Perusahaan AS Uji Vaksin Covid-19 ke Manusia Usia 18-85 Tahun

Kompas.com - 14/05/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com- Ilmuwan di seluruh dunia tengah berusaha menemukan vaksin untuk virus corona baru, SARS-CoV-2, penyebab pandemi Covid-19.

Sejumlah ilmuwan pun mengklaim sudah sampai di tahap uji klinis, atau pengujian khasiat obat baru pada manusia.

Terbaru, kolaborasi perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS) Pfizer Inc. dan perusahaan farmasi asal Jerman BioNTech SE mengumumkan sedang melakukan uji klinis vaksin.

Vaksin yang mereka buat dinamai BNT162 dan bertujuan untuk memerangi virus penyebab pandemi Covid-19, SARS-CoV-2.

Baca juga: WHO Keluarkan Pedoman Uji Coba Vaksin Virus Corona pada Manusia

Perusahaan farmasi tersebut melakukan uji klinis fase 1 dan 2 sekaligus. Mereka menyebutnya fase 1/2.

Untuk diketahui, uji klinis biasanya dilakukan dalam berbagai tahap yang disebut fase.

Pada umumnya ada empat fase uji klinis, yakni fase 1 hingga 4 (ditulis sebagai fase I-IV). Dan ada juga uji klinis yang memiliki tahap awal atau fase 0.

Fase 1 dilakukan pada kelompok kecil, sekitar 6 sampai 30 pasien. Tahapan ini untuk menguji keamanan dosis dan efek samping.

Sementara fase 2 diujikan ke kelompok dengan jumlah lebih besar, lebih dari 100. Tahapan ini bertujuan untuk menguji efektivitas obat.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com Rabu (13/5/2020), uji klinis fase 1/2 dirancang untuk menentukan keamanan, imunogenitas, dan tingkat dosis yang optimal dari 4 kandidat vaksin mRNA yang dievaluasi dalam studi tunggal yang berkelanjutan.

Vaksin BNT162 sudah diujikan ke kelompok pertama di Jerman akhir April 2020. Kemudian, mereka juga telah memberikan uji coba vaksin tahap pertama di AS belum lama ini.

Dalam uji coba fase 1/2 tahapan pertama di AS, peneliti membagi 360 responden sehat menjadi dua kelompok usia. Kelompok pertama berusia 18-55 tahun dan kelompok kedua berusia 65-85 tahun.

Saat ini, uji klinis vaksin di AS hanya akan diberikan pada kelompok pertama, yakni orang dewasa berusia 18-55 tahun.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X