Ilmuwan Temukan Bukti Dampak Meteorit Raksasa pada Permukaan Bulan

Kompas.com - 12/05/2020, 20:03 WIB
Salah satu penampakan cekungan kawah yang ada di permukaan Bulan, yang diduga terbentuk dari dampak meteorit raksasa. NASA/GSFC/Arizona State UniversitySalah satu penampakan cekungan kawah yang ada di permukaan Bulan, yang diduga terbentuk dari dampak meteorit raksasa.


KOMPAS.com - Sekelompok ilmuwan menilai dampak meteorit raksasa turut berperan dalam pembentukan batuan purba di Bulan.

Penelitian baru ini dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy yang mengungkapkan peristiwa destruktif yang paling sering dikaitkan dengan kepunahan dinosaurus dan bencana.

Peristiwa ini juga diduga memberi kontribusi pada pembentukan permukaan Bulan, seperti dilansir dari Phys, Selasa (12/5/2020).

Para ilmuwan meneliti sebuah batuan unik yang dikumpulkan para astronot NASA selama misi Apollo 17 pada 1972 di Bulan.

Baca juga: Ternyata Bulan Pernah Menghilang dari Langit Bumi, Kok Bisa?

Mereka menemukan, batuan ini mengandung mineralogi yang mana terbentuk pada suhu yang sangat tinggi lebih dari 2300 derajat Celcius yang hanya mungkin dicapai dengan mencairnya lapisan luar planet dalam peristiwa yang besar.

Dalam batuan tersebut, peneliti menemukan keberadaan zirkonia kubik, fase mineral yang sering digunakan sebagai pengganti berlian dalam perhiasan.

Fase yang hanya akan terbentuk pada batuan yang dipanaskan hingga 2300 derajat Celcius.

Sambil melihat struktur kristal yang ada dalam batuan itu, para peneliti juga mengukur usia butiran, yang mengungkapkan baddeleyite yang terbentuk lebih dari 4,3 miliar tahun yang lalu.

Baca juga: Pembangunan Pangkalan di Bulan, Ilmuwan Akan Gunakan Urine Astronot

Disimpulkan, fase zirkonia kubik suhu tinggi harus terbentuk sebelum waktu ini, menunjukkan bahwa dampak besar sangat penting untuk membentuk batuan baru di awal Bulan.

Pembentukan permukaan Bulan

Ketika sampel batuan pertama yang dibawa dari permukaan Bulan pada 50 tahun lalu, para ilmuwan mengajukan pertanyaan tentangan bagaimana batuan di kerak Bulan terbentuk. Hingga saat ini, pertanyaan ini masih terkunci dan belum dapat terjawab.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber PHYSORG
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X