ITB Punya Alat Pemurni Antibodi Plasma Darah Pasien Covid-19, tapi...

Kompas.com - 12/05/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi peneliti mengambil plasma darah dari pasien yang sembuh dari Covid-19. Ilustrasi peneliti mengambil plasma darah dari pasien yang sembuh dari Covid-19.


KOMPAS.com - Plasma darah telah disebut para ilmuwan dunia sebagai alternatif darurat yang dapat diupayakan untuk mengobati pasien Covid-19.

Penggunaan terapi plasma darah pasien yang sembuh dari Covid-19 ini juga telah mulai dilakukan di Indonesia.

Antibodi dalam plasma darah pasien tersebut telah terbukti dapat membantu penyembuhan pasien yang terinfeksi virus corona, SARS-CoV-2, terutama yang memiliki sakit parah.

Namun, menurut Profesor Zeily Nurachman, ahli biokimia Fakultas MIPA ITB, penggunaan antibodi plasma darah dalam pengobatan ini tidak bisa serta merta digunakan.

Baca juga: Terapi Plasma Darah Efektif Sembuhkan Covid-19, Benarkah?

"Semestinya antibodi dari plasma darah dimurnikan lebih dulu," kata Prof Zeily kepada Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Diakui Prof Zeily, Institut Teknologi Bandung (ITB) telah memiliki alat yang dapat digunakan untuk memurnikan antibodi dari plasma darah pasien tersebut.

"Kami punya alatnya, ITB sanggup untuk memurnikan antibodi dari plasma pulih. Tetapi kami tidak punya bahan kimia untuk memurnikannya," ungkap Prof Zeily.

Untuk dapat memproses pemurnian antibodi tersebut, ITB memerlukan bantuan untuk suplai metriks yang nantinya digunakan dalam memurnikan plasma darah pasien.

Baca juga: Peneliti Texas Klaim Antibodi Ilama Bisa Lawan Virus Covid-19, Ini Penjelasannya

Sehingga, diperoleh antibodi murni dari pasien Covid-19 yang sembuh yang selanjutnya dapat berguna untuk mengatasi wabah virus corona di Indonesia.

Manfaat plasma pulih pasien Covid-19

Prof Zeily menjelaskan terapi plasma darah dari antibodi murni dapat memberikan dua manfaat penting bagi upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X