Banyak Disukai, Berapa Kalori dalam Sepotong Paha Atas Ayam?

Kompas.com - 11/05/2020, 03:50 WIB
Ilustrasi ayam bakar yang disajikan dengan sambal dan lalapan. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJOIlustrasi ayam bakar yang disajikan dengan sambal dan lalapan.

KOMPAS.com - Protein hewani yang paling populer dan banyak dikonsumsi adalah ayam. Mengolahnya mudah, bisa menjadi segala macam sajian masakan.

Namun perlu diketahui, setiap bagian tubuh ayam punya kalori berbeda-beda. Sebagai contoh, kalori paha atas ayam yang berbeda dengan kalori bagian dada.

Mana yang harus dipilih, bergantung pada “misi” tiap orang.

Jika sedang menjalankan misi diet untuk mencapai berat badan ideal, maka potongan ayam dengan kalori lebih rendah bisa jadi pilihan.

Hal yang sama juga perlu diperhatikan bagi atlet atau bodybuilders yang ingin membesarkan otot namun tidak ingin menambah lemak tubuh.

Baca juga: Bagi Orang Inggris Kuno Ayam dan Kelinci adalah Hewan Sakral, Mengapa?

Kalori potongan ayam

Berikut ini beberapa kalori ayam, tergantung pada bagian mana yang dikonsumsi:

Dada ayam

Dada menjadi favorit banyak orang karena memiliki banyak daging dan ukurannya lebih besar. Dalam dada ayam tanpa kulit yang sudah dimasak (172 gram), terdapat 54 gram protein.

Selain itu, dada ayam mengandung 284 kalori atau 165 kalori tiap 100 gram sajiannya.

Sebanyak 80 persen kalorinya berupa protein, sementara 20 persen kalorinya berupa lemak.

Bagi orang yang sedang membangun massa otot atau menjalani diet, dada ayam biasanya jadi pilihan, tapi jangan lupa untuk memisahkan kulitnya.

Kandungan proteinnya tinggi sementara kalori dari lemak cukup rendah. Jadi, tak perlu khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Paha atas

Selain dada, kalori paha atas ayam juga banyak yang penasaran karena termasuk potongan ayam yang juga populer. Dalam satu paha atas tanpa kulit yang sudah dimasak (52 gram), terdapat 13,5 gram protein.

Kalori paha atas ayam juga mengandung 109 kalori di tiap paha atau 209 kalori di tiap 100 gram sajiannya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X