Kabar Baik, Pemetaan Genom Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 9

Kompas.com - 10/05/2020, 16:00 WIB
Alissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik. the new york timesAlissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik.

KOMPAS.com - Para ilmuwan Indonesia berhasil menambah pemetaan materi genetik virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, yang menginfeksi pasien di Indonesia.

Kini ada 9 isolat virus corona yang berhasil disekuensing atau diurutkan, dari sebelumnya 3 isolat.

Penambahan 6 whole genom sequences (WGS) tersebut merupakan hasil penelitian dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan Institute of Tropical Disesase (ITD) Universitas Airlangga (Unair). Terdiri dari 4 isolat virus hasil analisis Eijkman dan 2 dari Unair.

Baca juga: [UPDATE] - Pergerakan Data Harian Covid-19 di Indonesia

Sebelumnya, tim ilmuwan Eijkman sudah lebih dahulu berhasil memetakan 3 isolat virus yang berasal dari sampel virus milik tiga pasien Covid-19 di Jakarta.

"Jadi dari Eijkman ada 7 (isolat virus yang berhasil di -sekuensing), kemudian 2 dari Unair," ungkap Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Profesor Amin Soebandrio kepada Kompas.com, Minggu (10/5/2020).

Kesembilan isolat virus tersebut sudah diunggah ke portal Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) untuk dianalisis dan dapat dilihat semua orang.

Portal GISAID merupakan inisiatif kerjasama antara pemerintah Jerman dengan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan akses terhadap berbagai informasi genetik virus-virus yang menyebabkan epidemi seperti flu.

Baca juga: Sekuensing Genom Corona SARS-CoV-2, Ini Manfaatnya bagi Indonesia

Nantinya, analisis genom virus corona tersebut dapat membantu ilmuwan melihat apakah virus corona di Indonesia memiliki kekerabatan dengan salah satu virus di negara lain.

Tiga di antaranya memang sudah menunjukkan hasil analisis, sedangkan 6 isolat virus lainnya masih dalam proses analisis.

Prof. Amin berkata, hasil analisis akan keluar dalam beberapa hari kedepan.

Meski ini merupakan perkembangan yang baik, Prof. Amin berkata, masih dibutuhkan lebih banyak sekuensing genom virus corona di Indonesia.

Eijkman sendiri menargetkan bisa mencapai 100 isolat virus yang bisa di-sekuensing.

Lantaran, semakin banyak genom yang bisa dipetakan maka dapat memberikan gambaran jelas karakter dan pola pergerakkan virus corona di dalam negeri.

Pada akhirnya dapat membantu penanganan kasus Covid-19 di Indonesia dan dalam pengembangan vaksin virus yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X