Sekuensing Genom Corona SARS-CoV-2, Ini Manfaatnya bagi Indonesia

Kompas.com - 05/05/2020, 08:01 WIB
Ilustrasi Virus Corona Stocktrek Images/Getty Images Ilustrasi Virus Corona


KOMPAS.com - Ilmuwan Indonesia di Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman berhasil memetakan genom virus SARS-CoV-2. Ada 3 isolat virus corona yang berhasil di-sekuensing.

"Ketiga whole genom sequences (WGS) ini yang pertama berhasil di-sequences di Eijkman dan mendapat apresiasi dari GISAID, karena datanya juga bagus," kata Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Profesor Amin Soebandrio kepada Kompas.com, Senin (4/5/2020).

Sampel virus yang digunakan untuk dilakukan sekuensing diambil dari pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Prof Amin mengatakan sampel dipilih berdasarkan hasil PCR yang menunjukkan tingkat viral load atau banyaknya jumlah virus dalam tubuh pasien.

Baca juga: Pertama Kalinya, Ilmuwan Indonesia Memetakan Genom Corona SARS-CoV-2

"Ternyata tiga pasien tersebut memiliki viral load yang tinggi, sehingga memudahkan kami melakukan sekuensing genom virus corona ini," jelas Prof Amin.

Saat ini, tiga isolat virus tersebut telah dikirim ke GISAID (Global Initiattive on Sharing All Influenza Data) untuk dianalisis.

Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.KOMPAS.COM/Shutterstock Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.

Analisis ini, kata Prof Amin, dilakukan untuk melihat virus corona yang ada di Indonesia memiliki kekerabatan dengan salah satu virus yang sama yang ada di negara lain.

"Mungkin dalam beberapa hari ini akan segera keluar hasilnya," kata Prof Amin.

Baca juga: WHO Keluarkan Pedoman Uji Coba Vaksin Virus Corona pada Manusia

Sekuensing genom virus corona, SARS-CoV-2 ini tidak hanya cukup pada tiga isolat tersebut.

Sebab, kata Prof Amin, semakin banyak genom yang bisa dipetakan, maka akan semakin memberi manfaat bagi molekuler epidemiologi. Terutama kaitannya dalam penanganan kasus-kasus Covid-19 di Indonesia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X