Kompas.com - 02/05/2020, 18:33 WIB
Kelomang memperoleh rumah baru dengan memakai bekas rumah rekannya yang sudah mati. AlamyKelomang memperoleh rumah baru dengan memakai bekas rumah rekannya yang sudah mati.


KOMPAS.com- Saat tak lagi cocok seekor kelomang biasanya akan mencari cangkang baru sebagai rumah mereka. Sayangnya polusi sampah mikroplastik di laut membuat kelomang kesulitan untuk memilih cangkang terbaik.

Kelomang atau kepiting hermit tidak mengembangkan cangkangnya sendiri melainkan mengambil cangkang siput yang sudah tak ditempati untuk melindungi perutnya yang lunak.

Saat kelomang tumbuh, mereka akan mencari cangkang yang lebih besar lagi untuk melindungi tubuh mereka.

Baca juga: Butuh Rumah Baru, Kelomang Tempati Cangkang Teman yang Sudah Mati

 

Ilmuwan Australia telah memperingatkan tahun lalu polusi plastik membunuh kepiting pertapa dalam skala besar.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh para ahli biologi di University of Tasmania, lebih dari 560.000 kepiting mati setelah terjebak di dalam sampah yang mengotori pantai Kepulauan Cocos di Samudra Hindia dan pulau Henderson di Pasifik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menyelidiki dampak sampah plastik terhadap kepiting hermit atau kelomang, peneliti menempatkan 35 kepiting betina dalam tangki berisi air laut, rumput laut, serta manik-manik polietilen selama lima hari.

Baca juga: Ilmuwan Jepang akan Lakukan Survei Mikroplastik di Laut, Untuk Apa?

Sementara di tangki lain, peneliti menempatkan 29 kelomang tanpa plastik. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Biology Letters.

Studi mengenai kelomang ini merupakan hasil eksperimen yang dilakukan oleh ahli biologi di Queen's University Belfast dan Liverpool John Moores University.

Peneliti menemukan jika kelomang yang terpapar dengan mikroplastik memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyentuh atau memasukkan cangkang baru yang lebih cocok dengan tubuh mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.