BMKG: Selama April, Indonesia Diguncang 683 Kali Gempa Bumi

Kompas.com - 02/05/2020, 09:02 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi


KOMPAS.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyebutkan, selama bulan April 2020 di wilayah Indonesia terjadi gempa tektonik sebanyak 683 kali.

Jumlah gempa bumi ini menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu Maret dengan kejadian gempa bumi sebanyak 965 kali. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, mengatakan gempa bumi di bulan April ini didominasi oleh gempa dengan magnitudo kecil yaitu di bawah M 5,0 yang terjadi 665 kali.

"Jumlah ini turun dari bulan sebelumnya, Maret 949 kali," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Benarkah Fenomena Cacing Bermunculan Tanda Gempa Bumi, Ahli Jelaskan

Sedangkan, untuk gempa signifikan atau yang cukup kuat melebihi M 5,0 terjadi 19 kali.

"Jumlah ini naik dari bulan sebelumnya, Maret 16 kali," ujar dia.

Getaran atau guncangan gempa bumi yang dirasakan langsung oleh masyarakat dalam periode bulan April ini terjadi 76 kali, dan jumlah ini meningkat dari bulan sebelumnya atau pada Maret sebanyak 60 kali.

Di antara gempa bumi yang cukup kuat guncangannya, dan merusak terjadi di Tapanuli Selatan dengan magnitudo M 5,1 pada kedalaman hiposenter 16 meter, Kamis (30/4/2020), pukul 15.00 WIB.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X