Kompas.com - 30/04/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi Spinosaurus aegyptiacus, spesies dinosaurus berenang. NatureIlustrasi Spinosaurus aegyptiacus, spesies dinosaurus berenang.

KOMPAS.com- Meski gambar-gambar seringkali menunjukkan ada dinosaurus berleher panjang yang mengarungi rawa-rawa, namun para ilmuwan sebenarnya telah lama berpendapat jika hewan purba hanya hidup di darat dan tidak ada jenis yang berenang.

Sebuah temuan fosil ekor raksasa menunjukkan, jika memang ada dinosaurus yang hidup di air dan menjadikannya bukti pertama di dunia paleontologi.

Fosil tersebut merupakan Spinosaurus aegyptiacus, predator bergigi tajam yang menakutkan. Spinosaurus dapat tumbuh sepanjang 7 meter, memiliki ekor lebar seperti dayung layaknya ekor buaya.

"Penemuan ini benar-benar membuka mata kita mengenai dinosaurus yang benar-benar merupakan narasi baru," kata ahli paleontologi Nizar Ibrahim dari University of Detroit Mercy seperti dilansir dari Science Alert, Kamis (30/4/2020).