Fosil Dinosaurus Pertama yang Hidup di Air Ditemukan, Ini Wujudnya

Kompas.com - 30/04/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi Spinosaurus aegyptiacus, spesies dinosaurus berenang. NatureIlustrasi Spinosaurus aegyptiacus, spesies dinosaurus berenang.


KOMPAS.com- Meski gambar-gambar seringkali menunjukkan ada dinosaurus berleher panjang yang mengarungi rawa-rawa, namun para ilmuwan sebenarnya telah lama berpendapat jika hewan purba hanya hidup di darat dan tidak ada jenis yang berenang.

Sebuah temuan fosil ekor raksasa menunjukkan, jika memang ada dinosaurus yang hidup di air dan menjadikannya bukti pertama di dunia paleontologi.

Fosil tersebut merupakan Spinosaurus aegyptiacus, predator bergigi tajam yang menakutkan. Spinosaurus dapat tumbuh sepanjang 7 meter, memiliki ekor lebar seperti dayung layaknya ekor buaya.

"Penemuan ini benar-benar membuka mata kita mengenai dinosaurus yang benar-benar merupakan narasi baru," kata ahli paleontologi Nizar Ibrahim dari University of Detroit Mercy seperti dilansir dari Science Alert, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Dinosaurus Terkecil Terkurung dalam Fosil Damar, Inikah Wujudnya?

Fosil Spinosaurus sendiri ditemukan di endapan batuan Cretaceous di Gurun Sahara, Maroko timur.

Fosil dinosaurus air tersebut diperkirakan berusia antara 90 hingga 100 juta tahun. Penemuan ekor Spinosaurus ini memperluas perspektif tentang satu-satunya kerangka spesies yang pernah ada di dunia.

Sebab, bukti kerangka dinosaurus lainnya, beberapa telah hancur dalam Perang Dunia II.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X