Kompas.com - 29/04/2020, 20:32 WIB
ilustrasi Venus ilustrasi Venus

KOMPAS.com - Venus, planet terdekat kedua dengan Matahari sedang bersinar terang di langit.

Jika kita melihat "bintang malam" di barat setelah matahari tebenam dan "bintang pagi" di timur setelah matahari terbit, itulah Venus.

Dalam beberapa minggu terakhir, Venus sedang bersinar sangat cerah dan malam ini mungkin adalah puncak kecemerlangannya.

Dilansir IFL Science, Selasa (28/4/2020), Venus bersinar sangat terang karena sebagian besar wilayah Venus diterangi Matahari.

Baca juga: Penemuan Terbaru, Venus Juga Punya Gunung Berapi Aktif

Namun, kecemerlangan terbesar yang kita lihat dari Bumi bukanlah kecerahan maksimum Venus sebenarnya. Ini karena atmosfer Venus bukan reflektor sempurna.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, kecerahan Venus ini menjadikannya objek paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan yang dapat dilihat dari Bumi.

Kecerahan Venus mencapai besaran -4,6 sampai 18 kali lebih terang dari Sirius, bintang paling terang di langit malam.

Saat ini, Venus bersinar sangat cerah. Namun bulan depan, kecerahan Venus akan meredup drastis.

Karena geometri orbitnya, Bumi saat ini berada di depan Venus di sekitar Matahari dan kedua planet itu berjarak sekitar 70 juta kilometer.

Pada 3 Juni mendatang, Venus dan Bumi akan lebih atau kurang selaras dengan Matahari, dan peristiwa ini dikenal sebagai konjungsi rendah.

Dalam situasi tersebut, jarak Bumi dan Venis kurang dari 50 juta kilometer, ini adalah jarak terdekat Bumi sampai ke Venus.

Saat jarak Bumi dan Venus lebih dekat, maka kita akan melihat hanya sedikit sinar matahari yang dipantulkan dari Venus, dan ketika kita berada pada jarak terdekat antara kedua planet, kecerahannya akan turun secara signifikan pada hanya setengahnya lebih terang.

Karena planet-planet tidak sejajar sempurna dengan Matahari, sebagian cahaya masih terpantul di Venus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X