Kompas.com - 28/04/2020, 03:45 WIB
ilustrasi makan Shutterstock/simona pilolla 2ilustrasi makan

KOMPAS.com – Secara logika, makan lebih banyak berarti kenyang lebih lama. Tak heran banyak orang yang makan banyak saat sahur dengan tujuan memberi rasa kenyang lebih lama hingga saat berbuka puasa.

Namun, rupanya hal tersebut tidak baik untuk dilakukan. Hal itu diungkapkan oleh dokter gizi dr Juwalita Surapsari, SpGK.

“Makan terlalu banyak tidak akan menjamin kita kenyang lebih lama,” tutur Juwalita kepada Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Baca juga: Dokter Ungkap Cara Sahur yang Benar dan Manfaatnya Saat Pandemi Corona

Ia mencontohkan, makan mie instan sebanyak 2 bungkus dengan kalori sekitar 600-700 kkal tanpa penambahan protein seperti telur dan serat dari sayuran tidak akan memberikan rasa kenyang dalam waktu lama.

“Dengan 600-700 kkal kita bisa mendapatkan makanan dengan gizi yang lengkap. Misalnya nasi 150 gram, 1 potong sedang ayam panggang, 1 potong tahu dan 1 potong tempe goreng, serta sayur bayam bening 1 mangkuk. Ditutup dengan papaya 1 potong sedang,” papar Juwalita.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Manfaat Kurma untuk Kesehatan Saat Buka Puasa dan Sahur

Dengan jumlah kalori yang sama, rasa kenyang akan terasa lebih lama karena adanya protein dan serat yang mengenyangkan.

“Sama-sama 600-700 kkal tapi dampaknya akan berbeda untuk tubuh,” lanjutnya.

Protein dan serat adalah dua komponen yang sangat berpengaruh terhadap rasa kenyang. Sementara itu, karbohidrat tidak akan bertahan lama karena dibakar lebih cepat oleh tubuh dibanding protein.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X