Kompas.com - 27/04/2020, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Ahli paleontologi menemukan bukti bahwa Gurun Sahara pernah merupakan tempat paling berbahaya di Bumi. Setidaknya 100 juta tahun yang lalu, predator ganas, termasuk reptil terbang dan kucing bergigi pedang hidup di wilayah ini.

Hasil tersebut didapat dari penelitian tim ilmuwan internasional terhadap fosil vertebrata yang ditemukan di area formasi batuan Cretaceous di Maroko Tenggara yang dikenal dengan sebutan Kem Kem Group.

Baca juga: Penuh Lele dan Nila, Ini Bukti Gurun Sahara Tak Setandus Sekarang

Seperti dikutip dari Science Daily, Senin (27/4/2020), Dr Nizar Ibrahim, penulis utama dalam penelitian ini, menyebut jika studi memungkinkan kita untuk melihat kehidupan Era Zaman Dinosaurus Afrika.

Studi yang kemudian diterbitkan dalam jurnal ZooKeys tersebut memaparkan, 100 juta tahun yang lalu, Sahara dipenuhi dengan berbagai spesies hewan air dan darat. Termasuk di antaranya adalah kucing bergigi pedang Carcharodontosaurus, karnivora yang masuk keluarga raptor dengan tubuh sepanjang 8 meter, Deltadromeus, serta reptil terbang Pterosaurus.

"Ini bisa dibilang tempat paling berbahaya dalam sejarah planet Bumi, tempat di mana manusia tidak akan bertahan hidup dalam waktu yang lama," papar Ibrahim.

Baca juga: Berapa Umur Gurun Sahara? Debu Kuno Ini Mengungkapnya

Sahara menjadi tempat yang kaya dengan ikan, seperti Coelacanth dan Lungfish. Hal inilah yang menjadikan tempat tersebut didatangi oleh banyak predator yang mencari makan.

"Mengungkap masa lalu kuno Afrika adalah penting. Dan temuan ini adalah karya paling komprehensif mengenai fosil vertebrata dalam seabad terakhir," tambah David Martill, peneliti lain dari Univeristy of Portsmouth yang terlibat dalam studi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.