Kompas.com - 27/04/2020, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Ahli paleontologi menemukan bukti bahwa Gurun Sahara pernah merupakan tempat paling berbahaya di Bumi. Setidaknya 100 juta tahun yang lalu, predator ganas, termasuk reptil terbang dan kucing bergigi pedang hidup di wilayah ini.

Hasil tersebut didapat dari penelitian tim ilmuwan internasional terhadap fosil vertebrata yang ditemukan di area formasi batuan Cretaceous di Maroko Tenggara yang dikenal dengan sebutan Kem Kem Group.

Baca juga: Penuh Lele dan Nila, Ini Bukti Gurun Sahara Tak Setandus Sekarang

Seperti dikutip dari Science Daily, Senin (27/4/2020), Dr Nizar Ibrahim, penulis utama dalam penelitian ini, menyebut jika studi memungkinkan kita untuk melihat kehidupan Era Zaman Dinosaurus Afrika.

Studi yang kemudian diterbitkan dalam jurnal ZooKeys tersebut memaparkan, 100 juta tahun yang lalu, Sahara dipenuhi dengan berbagai spesies hewan air dan darat. Termasuk di antaranya adalah kucing bergigi pedang Carcharodontosaurus, karnivora yang masuk keluarga raptor dengan tubuh sepanjang 8 meter, Deltadromeus, serta reptil terbang Pterosaurus.

"Ini bisa dibilang tempat paling berbahaya dalam sejarah planet Bumi, tempat di mana manusia tidak akan bertahan hidup dalam waktu yang lama," papar Ibrahim.