Apa Itu Penyakit Zoonosis, Penyebab Rabies sampai Covid-19?

Kompas.com - 27/04/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi kelelawar ShutterstockIlustrasi kelelawar

KOMPAS.com – Bicara tentang Covid-19 yang kini tengah menjadi pandemi global, banyak istilah yang semakin akrab di telinga masyarakat. Zoonosis adalah salah satunya.

Covid-19 adalah penyakit yang timbul akibat zoonosis. Begitu pula beberapa penyakit lainnya seperti pes, rabies, SARS, juga MERS.

Apa itu zoonosis dan bagaimana proses transmisinya?

Baca juga: Pembawa Banyak Virus, Simak Prinsip Dasar Hidup Berdampingan dengan Kelelawar

Situs Live Science menyebutkan zoonosis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang ditransmisikan dari hewan ke manusia.

“Sederhananya, zoonosis adalah penyakit yang berasal dari hewan dan menyebabkan penyakit pada manusia,” tutur Barbara Han, ahli penyakit ekologi di Cary Institute of Ecosystem Studies di New York.

Baca juga: Eksploitasi Satwa Liar dapat Tingkatkan Transmisi Virus ke Manusia

Penyakit zoonosis memiliki prevalensi tinggi di seluruh dunia. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, serta parasit atau jamur dan bisa menimbulkan kondisi sakit parah bahkan kematian.

Studi membuktikan sekitar 60 persen penyakit di dunia diakibatkan oleh zoonosis. Centers for Disease Control and Prevention (CDc) menyebutkan sebanyak 3 dari 4 penyakit menular baru (Infectious Emerging Disease/ IED) berasal dari hewan.

Jenis penyakit zoonosis

Situs resmi Lab Sistematika Hewan, Sub Parasitologi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebutkan ada 3 jenis penyakit zoonosis berdasarkan agen penyebabnya:

1. Zoonosis yang disebabkan oleh virus

Rabies (penyakit anjing gila) adalah penyakit infeksi yang menyerang susunan saraf pusat, terutama menular lewat gigitan anjing dan kucing. Penyakit ini disebabkan oleh virus Lyssa dari famili Rhabdoviridae.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X