Kompas.com - 22/04/2020, 18:33 WIB
Ilustrasi pengertian genetika britannica.comIlustrasi pengertian genetika

KOMPAS.com - Meski telah beberapa bulan diselidiki, virus corona, SARS-CoV-2, yang menyebabkan Covid-19 masih diselimuti banyak pertanyaan.

Salah satunya adalah efek gejalanya yang begitu berbeda dari satu pasien ke pasien yang lain.

Pada kebanyakan orang, penyakit ini bisa bergejala ringan atau bahkan tidak bergejala sama sekali. Namun, pada sebagian orang, virus bisa menyebabkan gejala yang begitu berat.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of Virology menemukan bahwa tingkat keparahan gejala virus corona mungkin disebabkan oleh perbedaan genetika tertentu, tepatnya tipe gen yang disebut human leukocyte antigen (HLA).

Baca juga: Pandemi Corona, Ahli Ingatkan Penuhi Gizi untuk Anak-anak

 

Gen HLA mengandung instruksi untuk membuat protein yang mengikat pada bagian-bagian patogen seperti virus corona dan memperingatkan sel imun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah terlatih untuk mengenali bagian-bagian patogen, sel imun lantas memperepat proses pembuatan antibodi yang bisa menarget dan membunuh patogen.

Namun, HLA ini tidak sama dimiliki oleh semua orang. Tergantung tipenya, seseorang mungkin lebih kuat atau lebih rentan terhadap SARS-CoV-2.

Para ahli pun melakukan permodelan komputer untuk mengetahui HLA mana yang terbaik dan terburuk dalam menghadapi SARS-CoV-2.

Mereka melihat HLA mana yang paling pintar dalam mengikat protein virus. Sebab, ikatan yang lebih baik atau semakin banyak protein virus yang terikat akan menaikkan kemungkinan sel imun mengenali virus dan memulai produksi antibodi.

Baca juga: Studi Swiss Temukan Virus Corona Serang Pembuluh Darah, Apa Akibatnya?

Dari permodelan, para peneliti mengidentifikasikan enam tipe HLA dengan kapastas terbaik untuk mengikat pada berbagai urutan protein SARS-CoV-2 dan tiga yang terburuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X