Kompas.com - 20/04/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi kanker paru SHUTTERSTOCKIlustrasi kanker paru

KOMPAS.com - Orang dengan riwayat kanker perlu lebih waspada terhadap penyakit Covid-19 yang tengah menjadi pandemi global.

Koordinator Pengembangan Pelayanan Kanker Terpadu RS Cipto Mangunkusumo/FKUI (PKaT-RSCM), Prof Dr dr Soehartati Gondhowiardjo SpRad (k) OnkRad, mengatakan bahwa pasien kanker memiliki berbagai kondisi yang menyebabkan lebih rentan terinfeksi kuman jahat, termasuk virus corona jenis SARS-CoV-2.

Baca juga: Banyak Tenaga Medis Terinfeksi Corona, Pemicunya Pasien Tidak Jujur

Pihak RS Cipto Mangunkusumo/FKUI juga telah mempublikasikan selebaran terkait hal ini.

"Ini untuk survivor kanker, (bentuk) kewaspadaan terhadap wabah Covid-19," kata Soehartati kepada Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Ada beberapa hal yang disoroti PKaT-RSCM terkait pasien kanker dalam kondisi wabah pandemi Covid-19:

Imunitas rendah

Para ahli selalu menyebutkan cara terbaik dalam mencegah, melawan, dan bertahan terhadap infeksi virus corona adalah sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, kanker dan terapi kanker umumnya membuat respon imun atau daya kekebalan tubuh pasien kanker menurun. Jika begitu, maka pasien rentan terkena pneumonia atau infeksi saluran pernapasan.

Pasien kanker yang terkena Covid-19 kondisinya mungkin akan berat, sehingga kemungkinan untuk dirawat di ICU akan lebih besar.

Baca juga: Tes Corona Ini Diklaim Lebih Cepat Deteksi Virus Penyebab Covid-19

Untuk membantu ketahanan seseorang terhadap suatu penyakit yang disebabkan oleh virus adalah dengan mengkonsumsi antivirus. Akan tetapi, pemberian obat antivirus sebagai pencegahan belum terbukti bermanfaat.

Perlengkapan yang kurang dan bepergian keluar daerah

Pasien kanker memiliki kebutuhan khusus terhadap fasilitas dan kelengkapan terapi penyakit yang diderita, misalnya untuk pengobatan radiasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.