Kompas.com - 18/04/2020, 20:05 WIB
dr. Thomas Chayadi, Sp. OG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan
RS Pondok Indah ? Puri Indah RS Pondok Indahdr. Thomas Chayadi, Sp. OG Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah ? Puri Indah

KOMPAS.com - Vaginismus masih asing di telinga masyarakat. Padahal, keberadaannya bisa sangat memengaruhi hubungan suami istri, seperti yang dialami oleh seorang pembaca Kompas.com bernama Indra J Lesmana.

Kepada rubrik Halo Prof! Kompas.com, Indra bertanya mengenai penanganan vaginismus. Berikut pertanyaanya:

"Saya umur 30 tahun dan baru menikah 9 bulan yang lalu, saya mau sharing sekaligus meminta bantuan. Jadi, saya sudah menikah kurang-lebih satu tahun, tetapi sampai detik ini saya belum berhubungan seks secara normal. Ketika saya mau penetrasi, pasti istri saya selalu menolak dan kaki istri saya pun kaku."

"Saya yakin istri saya mengalami vaginismus. Saya bersama istri pun sudah berobat ke mana-mana tetapi hasilnya nihil. Saya mohon bantuannya, di mana saya harus berobat yang recommended?"

Baca juga: Viral Vaginismus atau Tubuh Menolak Penetrasi, Kondisi Apa Ini?

Pertanyaan Indra dijawab oleh dr. Thomas Chayadi, Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Pondok Indah – Puri Indah. Berikut paparannya:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halo Pak Indra,

Vaginismus adalah kondisi di mana vagina mendadak kaku ketika ada sesuatu yang dimasukkan dalam vagina. Hal ini menyebabkan rasa nyeri pada area vagina.

Secara garis besar, vaginismus adalah reaksi tubuh yang timbul secara otomatis akibat adanya rasa takut saat terjadi penetrasi vagina. Ketika Anda berusaha untuk melakukan penetrasi, otot vagina istri Anda mengencang dengan sendirinya.

Vaginismus terjadi secara otomatis, istri Anda tidak dapat mengontrolnya. Namun, vaginismus tidak selalu mempengaruhi kemampuan istri Anda untuk terangsang dan menikmati jenis kontak seksual lainnya.

Baca juga: Halo Prof! Vaginismus Itu Penyakit Sungguhan atau Bukan?

Jangan khawatir, karena gangguan ini dapat diobati.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X