Persahabatan Unik Orangutan dan Berang-berang di Kebun Binatang Belgia

Kompas.com - 13/04/2020, 07:07 WIB
Orangutan bernama Ujian sedang bermain dengan sahabatnya, sekelompok berang-berang di Kebun Binatang Belgia. Pascale Jones/Pairi DaizaOrangutan bernama Ujian sedang bermain dengan sahabatnya, sekelompok berang-berang di Kebun Binatang Belgia.

KOMPAS.com - Orangutan dan sekelompok berang-berang tampak menjalin persahabatan unik di dalam kebun binatang di Belgia.

Foto-foto keakraban kedua spesies itu viral setelah pihak kebun binatang Pairi Daiza yang ada di provinsi Hainaut, Belgia, membagikan momen unik mereka di Facebook.

Hal ini pun diakui salah satu penjaga kebun binatang. Menurutnya, orangutan dan berang-berang adalah dua spesies yang paling bersahabat di kebun binatang itu.

Baca juga: Tak Hanya Kehilangan Habitat, Orangutan Juga Terancam Virus Corona

"Kehadiran keluarga berang-berang cakar kecil Asia di kawasan orangutan bukan kebetulan," kata Mathieu Goedefroy, juru bicara Pairi Daiza, dilansir Live Science, Rabu (8/4/2020).

Orangutan (genus Pongo) memiliki sekitar 97 persen DNA yang mirip dengan manusia.

"Seperti sepupu kita Homo sapiens, orangutan dapat menghibur, menghadapi tantangan, dan tetap sibuk secara mental, emosional, dan fisikal sepanjang waktu," ujar Goedefroy.

Anak orangutan bernama Berani bermain petak umpet dengan sahabat kecilnya berang-berang di kebun binatang Pairi Daiza di Belgia.Pascale Jones/Pairi Daiza Anak orangutan bernama Berani bermain petak umpet dengan sahabat kecilnya berang-berang di kebun binatang Pairi Daiza di Belgia.

Goedefroy menjelaskan, kebun binatang sengaja membiarkan berang-berang (Amblonyx cinereus) tinggal di habitat orangutan yang dekat aliran sungai.

"Berang-berang benar-benar menikmati berada di kawasan orangutan. Mereka kerap bermain dengan teman raksasa mereka (orangutan)," ujan Goedefroy.

"Mengamati persahabatan kedua spesies ini sangat menyenangan dan menarik," imbuhnya.

Potret kebersamaan orangutan dan berang-berang pun sampai membuat penulis Harry Potter, J.K Rowling angkat bicara.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X