Tips BPOM Cegah Penularan Covid-19 di Warung Makan

Kompas.com - 08/04/2020, 12:02 WIB
Warteg Amanah di Depok, Jawa barat. Dokumentasi Warteg AmanahWarteg Amanah di Depok, Jawa barat.

KOMPAS.com - Meski pemerintah menganjurkan warga untuk tinggal di rumah dan hanya keluar apabila mendesak, tak sedikit orang yang masih keluar rumah untuk melakukan beberapa hal.

Salah satunya mampir ke warung makan untuk membeli panganan. Padahal, virus corona mungkin bisa menyebar dari tempat-tempat umum termasuk warung makan lewat benda mati.

Baca juga: Update Corona 8 April: 1,43 Juta Orang Terinfeksi, 302.150 Sembuh

Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Badan POM memberikan panduan atau tips untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di warung makan:

1. Pastikan warung, tempat memasak, dan peralatan makan bersih.

2. Jaga jarak fisik 1 meter dengan pengunjung lainnya (physical distancing).

3. Penjual atau penyaji makanan menggunakan masker dan sarung tangan.

4. Penjual atau penyaji makanan dan pengunjung, jika terpaksa makan di tempat, selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak tersedia dapat menggunakan hand sanitizer.

5. Pilih makanan yang baru dimasak.

6. Hindari gorengan yang warnanya sudah gelap, sayur yang kelihatan sudah berulang dipanaskan.

7. Beli makanan dan segera pulang.

Baca juga: Bisakah Tertular Virus Corona Saat Berenang di Kolam Umum?

Anda yang harus atau terpaksa membeli makanan di warung makan sebaiknya juga mengikuti anjuran dari Kementerian Kesehatan dalam perilaku keluar-masuk rumah.

Saat keluar rumah Anda sebaiknya menggunakan masker, jaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain, segera cuci tangan pakai sabun, atau gunakan hand sanitizer saat menyentuh benda apapun.

Baca juga: Matematika Ungkap Jumlah Maksimal Kumpulan Orang saat Pandemi Corona

Ketika hendak masuk ke rumah, sebaiknya Anda mencuci tangan dan kaki terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah. Jangan lupa untuk mengganti pakaian yang dipakai di luar tadi, dan mandilah.

Cuci pakaian dan masker kain yang Anda kenakan dari luar sesegera mungkin. Serta, jika memang ada jenis makanan seperti sayur dan buah mentah yang Anda beli, baiknya dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X