Apakah Saya Terinfeksi Covid-19? Berikut 6 Pertanyaan Soal Corona

Kompas.com - 07/04/2020, 13:31 WIB
Petugas Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan uji cepat (rapid test) massal Covid-19 dengan skema drive thru di halaman GOR Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020). Database crisis center COVID-19 kota Bogor melaporkan pada hari sabtu (4/4/2020) tercatat ada sebanyak 41 pasien positif virus corona, dan dari jumlah tersebut sebanyak 7 pasien meninggal dunia serta 34 pasien dalam perawatan rumah sakit. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan uji cepat (rapid test) massal Covid-19 dengan skema drive thru di halaman GOR Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020). Database crisis center COVID-19 kota Bogor melaporkan pada hari sabtu (4/4/2020) tercatat ada sebanyak 41 pasien positif virus corona, dan dari jumlah tersebut sebanyak 7 pasien meninggal dunia serta 34 pasien dalam perawatan rumah sakit.

KOMPAS.com - Gejala Covid-19 sangat bervariasi, dan banyak di antaranya yang tidak menunjukkan gejala atau minim gejala. Orang yang terinfeksi corona tanpa gejala inilah yang memungkinkan penyebaran makin luas.

Oleh sebab itu, banyak negara menggalakkan tes corona untuk mengetahui seberapa banyak orang yang terinfeksi corona di negaranya.

Hal yang mungkin banyak ditanyakan orang adalah bagaimana mengetahui terinfeksi corona atau tidak, dan bagaimana seharusnya bersikap jika Anda berpikir terinfeksi?

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang dan jawabannya menurut ahli seperti dilansir The Guardian, Minggu (5/4/2020).

Baca juga: 70 Persen Orang Terinfeksi Corona Tanpa Gejala dan Bisa Tularkan Virus

1. Adakah cara untuk mengetahui seseorang pernah terinfeksi Covid-19?

Dr. WIlliam Hillmann selaku direktur rumah sakit umum di Massachusetts menjawab saat ini tidak ada tes yang dapat menjawab pertanyaan itu.

"Kami sedang mengembangkan tes antibodi untuk memeriksa infeksi Covid-19 sebelumnya. Tapi hal ini belum siap untuk penggunaan klinis," katanya.

Dia melanjutkan, satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah seseornag terinfeksi virus corona atau tidak adalah mengujinya.

2. Bisakah saya terinfeksi Covid-19 tanpa menunjukkan gejala?

Hillmann mengatakan, banyak orang yang terinfeksi virus corona tidak menunjukkan gejala dan tidak tahu bahwa mereka mengidap Covid-19 karena hanya muncul gejala ringan seperti pilek dengan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Atau hanya mengira sedang flu karena merasakan demam tinggi, nyeri otot, sesak napas, dan batuk.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X