Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2020, 12:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya jumlah kasus dan luasnya penyebaran wabah Covid-19, tidak sedikit masyarakat yang terdampak secara emosional. Mulai dari stres, cemas, takut, sedih, bersalah, sampai marah, dan Anda tidak bisa mengatasinya sendirian.

Meihat kondisi ini, Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi Jaya) berinisiatif untuk memberikan konseling online secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada.

Ketua IPK Jakarta Anna Surti Ariani, SPsi, MSi mengatakan bahwa isu global pandemi Covid-19 tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang.

Baca juga: Update Corona 6 April: 1,27 Juta Orang Terinfeksi, 262.486 Sembuh

Para psikolog melihat banyaknya masalah psikologis yang dialami oleh masyarakat, yang jika tidak segera dibantu akan dapat menjadi lebih parah dan bisa jadi sangat mengganggu.

Nina, sapaan akrabnya, memberikan contoh ketika orang tua yang mengalami stres akibat isu Covid-19 ini. Di saat mengajari anaknya, bisa jadi orang tua tersebut melakukan tindakan kekerasan terhadap anaknya sebagai pelampiasan emosionalnya.

Begitu juga, pada orang-orang yang terpaksa menjadi pengangguran karena Putus Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan akibat wabah Covid-19. Dalam kondisi ini bisa ada kemungkinan pasangan suami-istri bertengkar luar biasa.

Baca juga: Ini Alasan Virus Corona Covid-19 Lebih Cepat Menginfeksi Manusia

"Jadi layanan ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat. Termasuk juga tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan lain-lainnya," kata Nina kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Termasuk, Anda juga yang jenuh dan merasa emosional berlebih saat diharuskan bekerja dan belajar di rumah saja.

Mekanisme konseling

Telekonseling online atau daring ini dilakukan melalui aplikasi Zoom. Penggunaan aplikasi ini, disebutkan Nina, untuk melindungi identitas psikolog dan klien tersebut.

Tidak ada persyaratan khusus untuk siapa saja yang ingin melakukan konseling gratis via online. Hanya saja, kata Nina, biasanya tim akan memberikan saran kepada klien untuk melakukannya di tempat yang sepi.

Baca juga: Apa Gunanya Membandingkan Tingkat Kematian Akibat Virus Corona?

Klien akan diminta untuk menyampaikan dahulu kepada keluarga agar tidak diganggu sementara, atau selama konseling yang berlangsung sekitar 45 menit.

Ninajuga mengingatkan, Anda yang berminat untuk telekonseling ini sebaiknya melakukan pendaftaran sehari sebelum sebelum jadwal konseling yang Anda inginkan. Sebab permintaan telekonseling ini sendiri cukup banyak.

Psikolog telekonseling

Dijelaskan oleh Nina, para psikolog yang ingin menjadi relawan dalam layanan telekonseling telah diberikan pembekalan atau training terlebih dahulu sebelum terjun melakukan telekonseling.

"Hal ini untuk memastikan mereka siap menangani dengan cara yang benar. (Karena) tidak semua psikolog bisa melakukan stabilisasi yang benar dan cara telekonseling juga belum semuanya menguasai," ujar dia.

Jadi pembekalan ini utamanya adalah untuk membahas cara stabilisasi emosi yang benar, penanganan per kasus, dan cara telekonselingnya.

Baca juga: Gejala Presimptomatik Muncul Setelah Diagnosis Positif Corona

"Harapan kami layanan ini bisa memberikan bantuan pendampingan psikologis yang berkualitas, sehingga dampak negatif dari masalah-masalah terkait covid 19 ini bisa berkurang," tuturnya.

Untuk mengakses konseling gratis tersebut, Anda bisa mendaftar melalui kontak 081295172920 ata 0811972712 dan bisa dengan mengakses link https://bit.ly/TelekonselingMasyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com