Stres akibat Wabah Corona? Coba Lakukan Telekonseling Gratis

Kompas.com - 06/04/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi virus corona, SARS-CoV-2, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, SARS-CoV-2, Covid-19

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya jumlah kasus dan luasnya penyebaran wabah Covid-19, tidak sedikit masyarakat yang terdampak secara emosional. Mulai dari stres, cemas, takut, sedih, bersalah, sampai marah, dan Anda tidak bisa mengatasinya sendirian.

Meihat kondisi ini, Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi Jaya) berinisiatif untuk memberikan konseling online secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada.

Ketua IPK Jakarta Anna Surti Ariani, SPsi, MSi mengatakan bahwa isu global pandemi Covid-19 tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang.

Baca juga: Update Corona 6 April: 1,27 Juta Orang Terinfeksi, 262.486 Sembuh

Para psikolog melihat banyaknya masalah psikologis yang dialami oleh masyarakat, yang jika tidak segera dibantu akan dapat menjadi lebih parah dan bisa jadi sangat mengganggu.

Nina, sapaan akrabnya, memberikan contoh ketika orang tua yang mengalami stres akibat isu Covid-19 ini. Di saat mengajari anaknya, bisa jadi orang tua tersebut melakukan tindakan kekerasan terhadap anaknya sebagai pelampiasan emosionalnya.

Begitu juga, pada orang-orang yang terpaksa menjadi pengangguran karena Putus Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan akibat wabah Covid-19. Dalam kondisi ini bisa ada kemungkinan pasangan suami-istri bertengkar luar biasa.

Baca juga: Ini Alasan Virus Corona Covid-19 Lebih Cepat Menginfeksi Manusia

"Jadi layanan ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat. Termasuk juga tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan lain-lainnya," kata Nina kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Termasuk, Anda juga yang jenuh dan merasa emosional berlebih saat diharuskan bekerja dan belajar di rumah saja.

Mekanisme konseling

Telekonseling online atau daring ini dilakukan melalui aplikasi Zoom. Penggunaan aplikasi ini, disebutkan Nina, untuk melindungi identitas psikolog dan klien tersebut.

Tidak ada persyaratan khusus untuk siapa saja yang ingin melakukan konseling gratis via online. Hanya saja, kata Nina, biasanya tim akan memberikan saran kepada klien untuk melakukannya di tempat yang sepi.

Baca juga: Apa Gunanya Membandingkan Tingkat Kematian Akibat Virus Corona?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X