Kontraindikasi Covid-19 dan Suplemen dengan Echinacea, Ahli Jelaskan

Kompas.com - 30/03/2020, 19:03 WIB
Bunga Echinacea purpurea, tanaman herbal dari Eropa dan Amerika diklaim memiliki manfaat sebagai pengatur sistem imun tubuh. Bunga Echinacea purpurea, tanaman herbal dari Eropa dan Amerika diklaim memiliki manfaat sebagai pengatur sistem imun tubuh.


KOMPAS.com- Di tengah merebaknya wabah Covid-19, beragam isu muncul terutama hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan termasuk sistem imunitas tubuh. Salah satunya tentang kontraindikasi antara suplemen yang mengandung Echinacea.

Untuk diketahui, Echinacea adalah jenis bunga yang disebut sebagai tanaman herbal kaya manfaat serta sebagai immunomodulator atau pengatur sistem kekebalan tubuh.

Mengenai isu kontraindikasi ini dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi, dr Agus Joko Susanto SpPD-KAI FINASIM, bahwa orang yang dalam kondisi sehat boleh saja mengkonsumsi immunomodulator.

"Kontraindikasi konsumsi immunomodulator hanya terjadi pada orang dengan penyakit autoimun atau penyintas autoimun. Pada kelompok ini, pemberian immunomodulator tidak dianjurkan," kata Agus.

Baca juga: Begini Reaksi Sistem Imun Tubuh Lawan Virus Demam Berdarah

Agus juga menyatakan penelitian Echinacea terhadap Covid-19 belum ada sampai saat ini.

“Menurut saya terlalu dini untuk menyimpulkan hubungan antara keduanya ( echinacea berkontraindikasi dengan Covid-19)," ujar dia.

Terkait masalah IL-6 sebagai marker, boleh dikatakan belum tentu dipastikan sebagai marker. Hal itu dikarenakan sifat IL-6 itu unik, yaitu sitokin yang "AC-DC", maksudnya satu waktu IL-6 bisa sebagai proinflamasi, di saat lain bisa sebagai antiinflamasi.

Itulah mengapa sering terjadi ketidak sesuaian hasil penelitian satu dengan yang lainnya bila sebagai marker penelitian.

Vice President Research & Development and Regulatory SOHO Globol Health, DR Raphael Aswin Susilowidodo ST MSi, mengatakan bahwa echinacea sebagai immunomodulator itu berarti memiliki manfaat untuk dapat mengatur kerja sistem imun tubuh.

Baca juga: Perlunya Suplai Obat ke Pasien TBC Saat Wabah Covid-19, Ahli Jelaskan

Aswin menegaskan, jika disebut-sebut suplemen yang memiliki kandungan echinacea bisa menyebabkan reaksi imun yang berlebihan terhadap virus, sehingga ikut merusak organ tubuh adalah keliru atau tidak benar adanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X