Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Echinacea, Tanaman Herbal Eropa dan Amerika untuk Immunomodulator

Kompas.com - 30/03/2020, 17:32 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Echinacea sebagai salah satu jenis bunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika, juga disebutkan menjadi jenis tanaman herbal yang banyak manfaatnya.

Spesies Echinacea ini sendiri banyak jenisnya, salah satunya adalah Echinacea purpurea, yang memiliki manfaat sebagai immunomodulator.

Vice President Research & Development and Regulatory SOHO Globol Health, DR Raphael Aswin Susilowidodo ST MSi menjelaskan echinacea sebagai immunomodulator itu berarti memiliki manfaat untuk dapat mengatur kerja sistem imun tubuh.

Khusus untuk Echinace purpurea, kata Aswin, tanaman ini memainkan fungsi yang dapat menyesuaikan kebutuhan tubuh ketika sehat dan ketika menderita infeksi.

Baca juga: Viral Ajakan Hindari Temulawak dan Kunyit, Ketua Umum Dokter Herbal Membantah

1. Pada tubuh yang sehat

Dituturkan Aswin, pada tubuh orang sehat Echinacea berperan meningkatkan pertahanan tubuh dengan meningkatkan kerja imun tubuh seperti fagositosis, natural killer cell yang diperlukan tubuh untuk mengeliminasi benda asing atau patogen yang masuk seperti virus atau bakteri.

"Echinacea juga berperan menyeimbangkan level sitokin di dalam tubuh," kata dia.

Untuk diketahui, sitokin yang dimaksud dapat berupa sitokin yang pro-inflamasi seperti IL-6 ataupun anti-inflamasi seperti IL-10, sehingga saat orang sehat mengalami inflamasi akut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com