Studi Baru Sebut Manusia Purba Makan Hiu dan Lumba-Lumba

Kompas.com - 29/03/2020, 20:02 WIB
Ilustrasi NASA/WikipediaIlustrasi

KOMPAS.com - Penelitian baru mengungkapkan jika manusia purba ( Neanderthal) yang hidup lebih dari 80.000 tahun yang lalu ternyata telah mengonsumsi hewan laut seperti ikan, kerang, lumba-lumba dan juga anjing laut.

Mengutip Science Daily, Minggu (29/3/2020), temuan ini tentunya memberikan wawasan baru. Sebab penelitian sebelumnya menyebut jika pada periode yang sama, pemanfaatan sumber laut sebagai makananan hanya lakukan oleh manusia modern atau Homo sapiens di Afrika.

Baca juga: Sejak 70.000 Tahun Lalu, Neanderthal Taburi Bunga di Ritual Pemakaman

Bukti-bukti jika Neanderthal mengonsumsi makanan laut tersebut ditemukan oleh peneliti di sebuah gua di Portugal selatan. Gua bernama Figueira Brava tersebut jaraknya mencapai dua kilometer dari pantai.

Ilustrasi Hiu MacanThinkstock Ilustrasi Hiu Macan
Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr João Zilhão dari University of Barcelona, Spanyol ini menemukan sisa-sisa hewan di gua tersebut. Sekitar 50 persen hewan yang ditemukan merupakan hewan laut, sementara sisanya adalah hewan darat.

Lebih lanjut, Zilhão pun menyebut jika hal tersebut menjadi salah satu bukti Neanderthal yang tinggal di sana mampu memanen kerang dan hewan laut lainnya secara rutin.

Baca juga: Bukti Baru, Neanderthal Kumpulkan Kerang dari Lautan untuk Bikin Alat

Temuan ini pun menambah banyak bukti jika kerabat kita mungkin memang sudah lama mengandalkan laut sebagai sumber makanan.

Selain itu, kebiasaan konsumsi hewan laut ini juga menunjukkan peran penting dalam pengembangan kemampuan kognitif bagi Neanderthal. Sebab hewan-hewan yang dimakan diketahui kaya akan asam lemak omega-3 dan asam lemak lainnya.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Science.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X