Gemar Konsumsi Kafein dan Berat Badan Tak Ideal, Bisa Picu Kemandulan

Kompas.com - 29/03/2020, 17:31 WIB
Ilustrasi kafein. Konsumsi kafein terlalu berlebihan bisa memicu risiko kemandulan. ShutterstockIlustrasi kafein. Konsumsi kafein terlalu berlebihan bisa memicu risiko kemandulan.


KOMPAS.com - Konsumsi makanan dan minuman berkafein tinggi, saat ini sangat digemari oleh banyak orang. Begitu juga dengan minuman yang mengandung alkohol.

Tapi tahukah Anda, ternyata mengonsumsi terlalu banyak kafein jumlah tinggi, minum alkohol serta, faktor idealitas berat badan sangat berisiko tinggi mengalami kemandulan atau infertilitas.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Raproduksi RS Pondok Indah, dr Shanty Olivia Jasiwan SpOG-KFER.

Menurut Shanty, berat badan dan konsumsi alkohol serta minuman berkafein tinggi, menjadi gaya hidup yang sangat banyak pengaruhnya dan memberi faktor risiko beragam penyakit termasuk infertilitas atau gangguan kesuburan berupa kemandulan.

Baca juga: Gaya Hidup Bisa Sebabkan Kemandulan, Ini Cara Mencegahnya

"Memiliki keturunan sebenarnya merupakan proses alami bagi manusia. Sayangnya, gaya hidup modern kerap menyulitkan proses alamiah tersebut," kata Shanty dalam keterangan tertulisnya.

Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan cenderung dapat berpengaruh pada kesehatan secara umum dan juga pada kesuburan.

Untuk diketahui, berat badan yang tidak ideal biasanya diartikan sebagai indeks massa tubuh (IMT) yang tinggi (IMT lebih dari 25) maupun rendah (IMT kurang dari 20).

"Pada wanita, obesitas dan kurangnya berat badan dapat memicu gangguan kesuburan akibat ketidakseimbangan hormonal dan gangguan ovulasi," ujar dia.

Sementara pada pria, beberapa penelitian membuktikan obesitas dapat menurunkan kualitas bentuk, konsentrasi dan pergerakan dari sperma. Berat badan berlebih juga dapat meningkatkan kerusakan DNA sperma.

Baca juga: Bagian Sperma Ini Bisa Jelaskan tentang Kemandulan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X