Kenali Berbagai Penyebab Sakit Kepala dari Rasa Sakitnya

Kompas.com - 29/03/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi sakit kepala g-stockstudioIlustrasi sakit kepala

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang dapat menyebabkan sakit kepala, di antaranya stres, kurang tidur, alergi, tegang mata, mabuk, bekas kecelakaan atau trauma, hormon saat menstruasi, serta olahraga yang terlalu keras atau terlalu lama.

Selain itu, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh masalah asupan gizi, misalnya ketika Anda kelaparan, dehidrasi, atau juga bisa karena kafein yang Anda konsumsi.

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh masalah medis seperti saat Anda menghentikan obat anti-sakit kepala, pembekuan otak, dan gangguan sendiri rahang (TMJ) yang memunculkan bunyi 'klik' pada rahang Anda.

Dari rasa sakitnya, berikut adalah berbagai penyebab sakit kepala:

Baca juga: Sains Jelaskan Kenapa Merokok Bikin Sakit Kepala Migrain

1. Rasa sakit yang berdenyut

Jika sakit kepala Anda berdenyut dan berlangsung selama beberapa saat, atau disertai mual dan perubahan dalam indera penglihatan atau lainnya, kemungkinan besar itu merupakan migrain.

Biasanya migrain menyebabkan rasa sakit di salah satu bagian kepala, namun tidak semua orang merasakan hal serupa.

Meskipun jarang terjadi, migrain mungkin dapat mengakibatkan pilek dan mata berair, sehingga orang-orang salah menganggapnya sebagai infeksi sinus.

Cahaya serta suara yang bising dapat memperburuk kondisi migrain.

Beberapa hal yang juga dapat menyebabkan migrain (akan tetapi kemungkinannya kecil) adalah penyakit autoimun seperti radang sendi, hemicrania continua atau sakit kepala sebelah yang tidak pernah berhenti, dan tumor otak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X