Tiga Hari Terakhir, 8 Kali Gempa Cukup Besar Terjadi di Indonesia

Kompas.com - 27/03/2020, 16:12 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi Gempa Bumi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam waktu tiga hari terakhir, delapan kali gempabumi tektonik yang signifikan mengguncang berbagai wilayah di Indonesia.

Signifikan yang dimaksudkan BMKG adalah dampak guncangan gempa dirasakan oleh masyarakat yang berdekatan dengan pusat gempa.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, bahwa aktivitas gempa tektonik ini terjadi karena dipicu oleh adanya aktivitas sumber gempa.

Baca juga: Dilema Mitigasi Kroasia, antara Gempa dan Lockdown Virus Corona

Antara lain sumber gempa subduksi lempeng maupun sesar aktif yang tersebar di beberapa daerah seperti Selatan Selat Sunda, Selatan Jawa Timur, Selatan Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua.

Berikut delapan aktivitas gempa signifikan di Indonesia dalam tiga hari terakhir.

1. Gempa Jailolo yang dipicu sesar aktif berkekuatan magnitudo M 2,1 pada pukul 16.54 WIB, Rabu (25/3/2020)

2. Gempa Yahukimo di Papua akibat aktivitas Sesar Naik Pegunungan Tengah berkekuatan magnitufo M 4,5 pada pukul 17.54 WIB, Rabu (25/3/2020)

3. Gempa Ende, Nusa Tenggara Timur diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif berkekuatan magnitudo M 3,3 pada pukul 16.23 WIB, Rabu (25/3/2020)

4. Gempa Selatan Selat Sunda yang dipicu oleh sesar Mentawai berkekuatan magnitudo M 4,2 pada pukul 16.23 WIB, Kamis (26/3/2020)

5. Gempa Mindanao, Filipina yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng di Palung Cotabato berkekuatan M 6,1 yang berdampak guncangannya dirasakan hingga di sebagian wilayah Provinsi Sulawesi Utara pada pukul 22.38 WIB, Kamis (26/3/2020)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X