Kompas.com - 26/03/2020, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum dialami orang.

Salah satu cara menangani jerawat yang sedang tren saat ini adalah menggunakan plester jerawat. Selain untuk menutupi jerawat, stiker kecil ini diyakini dapat menyembuhkan jerawat lebih cepat.

Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana stiker jerawat ini bekerja. Hanya sedikit juga yang mengerti bahwa tidak semua jerawat dapat diatasi oleh plester ini.

Dilansir dari Healthline, 29 Februari 2020; Dr. Lavanya Krishnan, seorang dokter kulit bersertifikat, menjelaskan bahwa plester jerawat dimaksudkan untuk mengobati jerawat yang berada di permukaan permukaan atau jerawat superfisial, seperti benjolan berisi nanah, komedo, dan komedo putih.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Selalu Muncul Jerawat Sebelum Haid?

Stiker ini tidak dapat digunakan untuk jerawat kistik yang lebih dalam.

Plester jerawat terbuat dari hidrokoloid yang menyerap kelembapan dan biasa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kronis. 

Stiker jerawat ini dapat mempercepat penyembuhan dengan mengadsorpsi racun yang terperangkap di bawah kulit, sekaligus melindungi jerawat dari bakteri eksternal atau sinar matahari.

Selain itu, plester ini juga dapat menutupi jerawat sehingga Anda tidak menyentuh jerawat dan membuat kondisinya lebih parah hingga berbekas.

Dalam memilih stiker jerawat yang baik, Krishnan pun merekomendasikan stiker yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Kedua kandungan ini merupakan bahan pokok untuk perawatan jerawat.

Baca juga: 6 Cara Ampuh untuk Memberantas Jerawat yang Membandel

Namun, untuk jerawat yang lebih dalam, besar dan menyakitkan mungkin akan membutuhkan suntikan kortisol atau perawatan lain yang tidak bisa didapatkan dari plester jerawat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.