Analisis Genom Buktikan Covid-19 Gabungan dari Dua Virus

Kompas.com - 26/03/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi Virus Corona Stocktrek Images/Getty Images Ilustrasi Virus Corona

Dalam jangka waktu beberapa minggu, kita semua telah tahu tentang COVID-19 dan virus yang menyebabkannya: SARS-CoV-2. Tapi di luar sana juga banyak tersebar kabar miring dan walaupun banyak artikel ilmiah tentang virus ini bertambah, banyak yang tidak jelas tentang asal usulnya.

Dari spesies hewan mana virus ini berasal? Kelelawar, trenggiling, atau hewan liar lainnya? Dari mana daerah asalnya? Dari sebuah gua atau hutan di Provinsi Hubei, Cina atau di tempat lain?

Pada Desember 2019, 27 dari 41 orang pertama yang masuk rumah sakit (66%) melewati sebuah pasar yang berlokasi di jantung kota Wuhan di Provinsi Hubei, Cina. Tapi, menurut sebuah studi yang dilakukan di Wuhan Hospital, orang pertama yang teridentifikasi virus ini tidak sering pergi ke pasar tersebut.

Melainkan, sebuah estimasi penanggalan molekular berdasarkan pada urutan genom SARS-CoV-2 mengindikasikan bahwa virus ini muncul pada November. Ini menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara pandemi COVID-19 dan hewan liar.

Data genom

Genom SARS-CoV-2 sedang secara cepat diurutkan oleh para peneliti Cina. Terdapat sekitar 30.000 basis molekul RNA yang memiliki 15 genus, termasuk genus S yang berisi sebuah protein yang terletak di permukaan luar virus yang viral (sebagai perbandingan, genom kita berbentuk sebuah spiral ganda DNA dengan basis ukuran 3 miliar dan memiliki sekitar 30.000 genus).

Analisis genomis komparatif telah menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 berasal dari kelompok Betacoronaviruses dan sangat dekat dengan SARS-CoV, yang bertanggung jawab untuk sebuah pandemi pneumonia akut yang timbul pada November 2002 di Provinsi Guandong di Cina dan menyebar ke 29 negara pada 2003.

Total 8.098 kasus tercatat, termasuk 774 kematian.

Diketahui bahwa kelelawar dari genus Rhinolophus (kemungkinan beberapa spesies gua) yang menimbulkan virus ini dan karnivora berjumlah sedikit, musang palem (Paguma larvata) kemungkinan menjadi hewan penghubung antara kelelawar dan kasus manusia yang pertama.

Sejak itu banyak Betacoronaviruses telah ditemukan, umumnya di kelelawar, tapi juga di manusia. Contohnya RaTG13, terbatas pada sebuah kelelawar dari spesies Rhinolophus affinis yang ditemukan di Provinsi Yunan Cina, akhir-akhir ini telah dianggap sangat mirip dengan SARS-CoV-2, dengan urutan genom yang mirip sampai 96%.

Hasil-hasil ini mengindikasikan bahwa kelelawar, khususnya spesies dari genus Rhinolophus menjadi reservoir virus SARS-CoV dan SARS-CoV-2.