Hoaks atau Fakta, Vitamin C Bisa Sembuhkan Virus Corona?

Kompas.com - 23/03/2020, 13:04 WIB
Ilustrasi vitamin C NatchaSIlustrasi vitamin C

Oleh Peter McCaffery


VITAMIN C adalah obat yang umum digunakan orang karena dipercayai mampu menyembuhkan flu biasa.

Meski ia membantu menjaga daya tahan tubuh kita, tidak ada bukti bahwa ia dapat mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit ini secara substansial.

Namun di tengah pandemi coronavirus jenis baru, beberapa “influencer” mengklaim bahwa mengkonsumsi vitamin C dalam dosis yang sangat tinggi dapat menyembuhkan Covid-19 (penyakit yang disebabkan oleh coronavirus baru tersebut).

Lalu, benarkah klaim bahwa vitamin C dapat menyembuhkan coronavirus?

Mempertimbangkan coronavirus terbaru ini masih berada di dalam kategori virus yang sama – yakni coronavirus – seperti flu biasa, maka tidak mungkin mengkonsumsi vitamin C akan mencegah atau menyembuhkan infeksi Covid-19.

Saya pernah menulis sebelumnya bahwa mengkonsumsi vitamin C untuk menyembuhkan flu biasa adalah gagasan yang dipopulerkan oleh kimiawan yang telah dua kali memenangkan Hadiah Nobel, Linus Pauling, dan kemudian dipromosikan oleh industri diet suplemen.

Sayangnya, sejak klaim Pauling tersebut pada 1970-an, nyaris tidak ada bukti pendukung.

Vitamin atau “vital-amines” pertama kali ditemukan pada awal abad ke-20 sebagai elemen yang hadir dalam kadar rendah di asupan kita sehari-hari dan berperan vital bagi kesehatan. Tentu, orang yang kekurangan vitamin tertentu akan mengalami penyakit.

Misalnya, orang yang kekurangan vitamin C akan terkena skorbut. Namun, baru pada awal 1930-an bahwa skorbut disebabkan oleh kurangnya vitamin C dalam tubuh, dan konsumsi vitamin dapat menyembuhkan kita dari penyakit tersebut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X