Indonesia Mulai Tes Massal Covid-19, Ini Rekomendasi Forum Ilmuwan

Kompas.com - 20/03/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi alat tes deteksi virus corona, tes covid-19 ShutterstockIlustrasi alat tes deteksi virus corona, tes covid-19


KOMPAS.com - Pemerintah akan segera melakukan tes massal Covid-19 untuk mempercepat deteksi infeksi virus corona di Indonesia. Rapid Tes dengan PCR (Polymerase Chain Reaction) atau RT-PCR based ini direkomendasikan untuk mereka yang suspek corona.

Artinya, tes ini diutamakan bagi orang-orang yang sudah bergejala dan terindikasi dari kontak tracing pada individu berisiko yang pulang dari wilayah wabah virus corona.

Dilansir dari siaran pers yang diterima Kompas.com dari Dr. Berry Juliandi S.Si, M.Si dari Departemen Biologi IPB, Indonesian Young Scientist Forum memberikan beberapa rekomendasi terkait tes massal Covid-19.

Baca juga: Tes PCR untuk Virus Corona, Benarkah Lebih Efektif Deteksi Covid-19?

1. Penggunaan automatic tes

Forum ilmuwan muda ini merekomendasikan penggunaan tes Covid-19 sebaiknya menggunakan automatic ekstraction RNA dan automatic RT-PCR.

Sebab, kedua metode ini dinilai dapat mempersingkat waktu tes.

2. Fasilitas lab BSL 2

Selain itu, perlu disiapkan fasilitas Basics of Biosafety Level 2 atau BSL 2 (negative pressure), dan pastikan reagen kontrol negatif dan kontrol positif bekerja.

Jangan sampai mengulangi kesalahan Litbangkes karena masalah reagen, serta perlunya melakukan cek ulang sampel yang pernah dites Litbangkes.
Baca juga: Rapid Test untuk Tes Massal Corona, Ini Metode dan Prosedurnya

Sebagian sampel tersebut disimpan untuk penelitian trancking mutasi virus yang dilakukan dengan Genom Sequensing untuk identifikasi urutan genom Covid-19.

Genom Sequensing (GS) bukan tes rutin, tetapi untuk penelitian lanjutan, teknisnya menggunakan alat yang ada di Eijkman.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X